Konversi Satuan Ukuran Berat, Panjang, Luas dan Isi

Berikut ini adalah satuan ukuran secara umum yang dapat dikonversi untuk berbagai keperluan sehari-hari yang disusun berdasarkan urutan dari yang terbesar hingga yang terkecil :

km = Kilo Meter
hm = Hekto Meter
dam = Deka Meter
m = Meter
dm = Desi Meter
cm = Centi Meter
mm = Mili Meter

A. Konversi Satuan Ukuran Panjang
Untuk satuan ukuran panjang konversi dari suatu tingkat menjadi satu tingkat di bawahnya adalah dikalikan dengan 10 sedangkan untuk konversi satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 10. Contoh :

– 1 km sama dengan 10 hm
– 1 km sama dengan 1.000 m
– 1 km sama dengan 100.000 cm
– 1 km sama dengan 1.000.000 mm
– 1 m sama dengan 0,1 dam
– 1 m sama dengan 0,001 km
– 1 m sama dengan 10 dm
– 1 m sama dengan 1.000 mm

B. Konversi Satuan Ukuran Berat atau Massa
Untuk satuan ukuran berat konversinya mirip dengan ukuran panjang namun satuan meter diganti menjadi gram. Untuk satuan berat tidak memiliki turunan gram persegi maupun gram kubik. Contohnya :

– 1 kg sama dengan 10 hg
– 1 kg sama dengan 1.000 g
– 1 kg sama dengan 100.000 cg
– 1 kg sama dengan 1.000.000 mg
– 1 g sama dengan 0,1 dag
– 1 g sama dengan 0,001 kg
– 1 g sama dengan 10 dg
– 1 g sama dengan 1.000 mg

C. Konversi Satuan Ukuran Luas
Satuan ukuran luas sama dengan ukuran panjang namun untuk mejadi satu tingkat di bawah dikalikan dengan 100. Begitu pula dengan kenaikan satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 100. Satuan ukuran luas tidak lagi meter, akan tetapi meter persegi (m2 = m pangkat 2).

– 1 km2 sama dengan 100 hm2
– 1 km2 sama dengan 1.000.000 m2
– 1 km2 sama dengan 10.000.000.000 cm2
– 1 km2 sama dengan 1.000.000.000.000 mm2
– 1 m2 sama dengan 0,01 dam2
– 1 m2 sama dengan 0,000001 km2
– 1 m2 sama dengan 100 dm2
– 1 m2 sama dengan 1.000.000 mm2

D. Konversi Satuan Ukuran Isi atau Volume
Satuan ukuran luas sama dengan ukuran panjang namun untuk mejadi satu tingkat di bawah dikalikan dengan 1000. Begitu pula dengan kenaikan satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 1000. Satuan ukuran luas tidak lagi meter, akan tetapi meter kubik (m3 = m pangkat 3).

– 1 km3 sama dengan 1.000 hm3
– 1 km3 sama dengan 1.000.000.000 m3
– 1 km3 sama dengan 1.000.000.000.000.000 cm3
– 1 km3 sama dengan 1.000.000.000.000.000.000 mm3
– 1 m3 sama dengan 0,001 dam3
– 1 m3 sama dengan 0,000000001 km3
– 1 m3 sama dengan 1.000 dm3
– 1 m3 sama dengan 1.000.000.000 mm3

Cara Menghitung :
Misalkan kita akan mengkonversi satuan panjang 12 km menjadi ukuran cm. Maka untuk merubah km ke cm turun 5 tingkat atau dikalikan dengan 100.000. Jadi hasilnya adalah 12 km sama dengan 1.200.000 cm. Begitu pula dengan satuan ukuran lainnya. Intinya adalah kita harus melihat tingkatan ukuran serta nilai pengali atau pembaginya yang berubah setiap naik atau turun tingkat/level.

Satuan Ukuran Lain :

A. Satuan Ukuran Panjang
– 1 inch / inchi / inc / inci = sama dengan = 25,4 mm
– 1 feet / ft / kaki = sama dengan = 12 inch = 0,3048 m
– 1 mile / mil = sama dengan = 5.280 feet = 1,6093 m
– 1 mil laut = sama dengan = 6.080 feet = 1,852 km

1 mikron = 0,000001 m
1 elo lama = 0,687 m
1 pal jawa = 1.506,943 m
1 pal sumatera = 1.851,85 m
1 acre = 4.840 yards2
1 cicero = 12 punt
1 cicero = 4,8108 mm
1 hektar = 2,471 acres
1 inchi = 2,45 cm

B. Satuan Ukuran Luas
– 1 hektar / ha / hekto are = sama dengan = 10.000 m2
– 1 are = sama dengan = 1 dm2
– 1 km2 = sama dengan = 100 hektar

C. Satuan Ukuran Volume / Isi
1 liter / litre = 1 dm3 = 0,001 m3

D. Satuan Ukuran Berat / Massa
– 1 kuintal / kwintal = sama dengan = 100 kg
– 1 ton = sama dengan = 1.000 kg
– 1 kg = sama dengan = 10 ons
– 1 kg = sama dengan = 2 pounds

About these ads

103 pemikiran pada “Konversi Satuan Ukuran Berat, Panjang, Luas dan Isi

  1. Saya seorang ibu rumah tangga yang ingin menanyakan, 1 kg beras = berapa liter beras? Biasanya pedagang beras eceran menjual berasnya memakai ukuran liter. Contoh saya mau beli 1 karung beras seberat 10 kg. Dengan karung yang sama, berapa liter beras yang didapat? Terima kasih.

      1. 10 liter beras = 7 kg..
        jadi nya, kalau untuk satuan 1 liter dalam kg = 0.7
        1 liter = 0.7 kg.

    1. kg = berat, liter = volume. kalo ngga salah liter adalah volume 1kg air, jadi hubungan antar berat dan volume adalah berat jenis massa/volume.. jadi saya kira kita musti cari berat jenisnya dulu. karena berat jenis dari beras pasti berbeda2, saya liat da yang jawab 0,83 untuk beras mungkin benar mungkin salah. tapi yang pasti berbeda walau dikit..

      sekalian klarivikasi untuk konversi ons ke kg..
      SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah 10 ons = 1 kg
      SI (Standar Internasional) adalah 1 ons = 0,278 kg

      kalo ngga salah seh begitu.. coba liat pake HP yang ada porgram conversinya

    2. Bila anda ingin membangun rumah baru atau renovasi segala bentuk bangunan impian, percayakan pada kami. Kami memiliki tukang trampil, jujur dan bertanggung jawab dengan hasil rapi, bersih serta serasi serta nyaman ditempati. Hubungi 081808273797 – 08561853462 – 081296891829. Kami siap melayani anda ke luar pulau Jawa.

  2. AWW. terimakasih atas artikelnya, sdh lama sy cari cara konversi satuan. sy sgt t’bantu dgn artikel ini. Semoga Allah membalas Anda dgn kebaikan yg banyak.

  3. Infonya bermanfaat nih, mau tanya saya ingin tahu cara menghitung satuan m2 ke kg.
    Data yang saya ketahui hanya qty m dan widthnya saja.
    Contoh : qty 710m dan width 480mm = 710 dikalikan 0.48 hasilnya 340.8m2
    bagaimana mengetahui beratnya?

    Tolong dibantu cara perhitungannya.
    terima kasih

  4. berat jenis beras = 0,83

    jadi 1kg beras = 1,25 Liter beras

    rumus : berat jenis = masa / volume

    0,83 = 1 kg / volume

    jadi volume = 1/0,83 = 1,25 liter

  5. 1 feddan = berapa meter pesegi?
    1 ton/feddan = …….. ton/ha?
    1 guar = berapa meter persegi?
    1 guar/feddan =……ton/ha?
    mohon bantuannya

  6. 1 liter beras = …kg?
    Menurutku tergantung kadar air (KA) beras. Kl kadar air lbh tinggi pasti hasilnya lebih berat. Kalo simpelnya sih ya sktr 8 ons untuk 1 liter beras.

    1. 1m3 TANAH PARAS = berapa ton?
      1m3 PASIR COR = Berapa ton?
      1m3 SIRTU = Berapa ton?
      1m3 TENSLAH = Berapa ton?
      makasih…tq

  7. mau nanya nih kalo sampah padat boleh g diukur dengan satuan liter?
    kalo misal harus di konversi dlm kg kira2 1 liter sampah padat brp kg?
    trimakasih saya tunggu jwbannya cz penting bgt.

  8. Pengetahuannya oke bang..thanks, sngat mmbntu…numpang tanya boleh gak? Sy punya hasil jawaban dari induktansi per fasa per mill dan reaktansi induktif dlm oh per mil. Bgmna cara merubah satuan ohm/mil ke ohm/m? Pliss bang caranya..butuh amat nih..!!!

  9. Maaf, maksudnya, jawaban yg sy miliki tadi adalah 0,382 ohm/mil per fasa. Bgmn cara menkonversikannya ke ohm/m per fasa ?

  10. Saya setuju dengan jawaban mas arif.. Kalau beras itu tidak bs ditentukan 1liter = n kg.. Karena kondisi beras berbeda2 dgn beras yg lain. Berpengaruh juga dengan besar beras 1 bijinya. Karen itu berpengaruh dr ruang kosong yg menyumbang beberapa besaran volume yg didapat. Jadi beras tidak bisa di konversi antara kg dan liter. Harus langsung pengukuran antara timbangan dengan alat ukur volume pada beras tertentu saja. Tapi kalau urgent, pakai saja masukan dr teman2 yg lain.. 1 liter beras = 0,8 kg

  11. maaf om mau nanya bilangan kubik. pertanyaanya mencari rusuk (r) kubus yg mempunyai volume berikut ini; 32768 dm3(desimeter kubik) maka r=……dm
    54872 m3(meter kubik) maka r=…..m
    59319 m3(meter kubik) maka r=…..m
    17576 dam3 (deka meter kubik) maka r=……dam
    makasih ya…….

  12. maaf bang mau ikutan bertanya nih, kalo berat jenis cat itu berapa ya? sy mauu menghitung 1Kg cat = berapa liter jatuhnya. terima kasih banyak bang.

  13. – 1 mile / mil = sama dengan = 5.280 feet = 1,6093 m ???

    yg ini sepertinya perlu dikoreksi krn seharusnya : – 1 mile / mil = sama dengan = 5.280 feet = 1,6093 km

  14. Saya mau nanya nih om…
    Biasanya orang ngukur tanah itu pakai hektar dan bahu.
    Kalau 1 hektar = 10.000 m2.
    Lalu kalau 1 bahu = …???… M2. Yaaaaa
    Mohon jawaban dari om dan temen2 semua
    Makasih sebelomnya

  15. mau tanya om.. kalo untuk ukuran berat, apakah bisa dikonversi ke ukuran volume? sebagai contoh untuk beras. rata” warung sekarang, jarang yang menggunakan ukuran liter. yang digunakan adalah ukuran berat. nah yang jadi pertanyaan untuk 1KG beras = berapa liter? Thx..

  16. kak mau tanya klo 4.950.64 m2 itu brapa ton ??? bingung kak mohon petunjuknya skalian rumusnya biar pinter,,,, makasih yaa

  17. saat pekerjaan aspal, kan aspal dalam satuan ton, untuk di jadikan luasan yg akan di aspal, berapakah untuk 1 ton nya untuk m2 ??

  18. Tolong bantuannya.
    Kenapa jual beli beras dipasar menggunakan satuan volume (litar) ? Kenapa tidak satuan berat (kg)
    Tolong bntuan jwbn x dr kwn”

  19. halloo saya mau tanya kalau 1 m3 batu andesit itu sama dengan berapa ton ya. mohon infonya, sy sedang menghitung business plan, hehe

Darkwin Web's Official

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s