Home » PAGE 2.2 - SMP 8 Jakarta » Reuni Akbar SMPN 8 Penuh Kebersamaan

Reuni Akbar SMPN 8 Penuh Kebersamaan

LAPANGAN tennis indoor Senayan yang kerap dipakai untuk ajang pertandingan tenis nasional maupun internasionl. Berubah menjadi sebuah panggung megah pada Sabtu 25 April lalu. Maklum, hari itu berlangsung acara Reuni Akbar SMPN VIII angkatan 1960-2009. Mengambil tema ‘Indah dalam Balutan Kebersamaan, terasa sangat pas. Mengapa? karena jebolan SMPN tersebut sangat menyatu dalam kebersamaan.
Diantara mereka tak ada jarak, terbukti beberapa alumni sekolah yang terletak di Jalan Pegangsaan tersebut datang bersama adik kelasnya. “Saya datang ke reuni tanpa keluarga, karena ini acara silahturahmi sekolah. Saya datang bersama adik kelas angkatan 1981,” ujar Eva Meriana kepada TNOL disela-sela acara reuni.

Meski datang bersama adik kelas, Eva tak melupakan teman satu angkatannya. Perempuan angkatan 1980 ini segera mencari-cari sahabat lamanya. Bagi Eva ajang reuni merupakan wadah menyatukan sesama alumni SMPN VIII. Tak heran Eva berani merogoh kocek sebesar Rp 60 ribu untuk bisa masuk. Dana tersebut sebagai biaya pengganti kaos dan konsumsi.
“Bayar tidak masalah, demi menjalin persahabatan dan bisa bertemu teman-teman lama,” ucap perempuan yang kini bekerja sebagai kontraktor ini.
Eva sendiri sudah lama tak bertemu sahabat-sahabatnya. Hal sama dialami oleh Siti Sundari dan Nia Zarniati. Kedua perempun ini sejak SMP menjalin persahabatan. Walau begitu mereka jarang bertemu.
Ketika mereka bertemu suasana nostalgia segera menyeruak. Mereka mengenang masa-masa muda. Siti dan Nia merupakan angkatan 1975. Mereka sahabat satu kelas dan satu tim bola voli.

“Kita satu kelas dan sama-sama suka voli,” tandas Siti. Sayang mereka jarang bertemu setelah lulus sekolah. Mereka memanfaatkan ajang reuni sebagai tempat pertemuan. Mereka tak membawa keluarga karena ingin benar-benar mengenang masa lalu. Tak ayal saat bertemu teman satu angkatan mereka segera berkumpul dan saling berbagi cerita.
“Senang bisa bertemu kakak dan adik kelas. Kini kita sudah pada berkeluarga,” tutur Siti. Alumni angkatan 1975 sendiri yang hadir sekitar 75 orang. Mereka hampir 34 tahun tidak bertemu.
Saat bertemu rona bahagia terpancar dari wajah mereka. Senyum selalu mengembang lantaran mereka kerap berfoto ria. “Di sini kita bertemu mantan kekasih dan sahabat-sahabat lama. Kita foto-foto bareng,” ucap Nia Zarniati. Di mata Nia, reuni merupakan ajang temu kangen. Nia berharap melalui reuni pula hubungan sesama alumni tetap terjaga.

Selain para alumni, reuni dihadiri pula guru-guru SMPN VIII, Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratriono. Tak ketinggalan Kepala Sekolah SMPN VIII Heney Murwanto turut menyaksikan kemeriahan reuni.
Menurut Heney, reuni bisa menjadi ajang silahturahmi dan mempererat persatuan alumni. Ia merasa bangga karena reuni akbar digelar pada masa kepemimpinannya. Melalui reuni pula, kata pria yang sepuluh tahun menjabat sebagai Kepala Sekolah SMPN VIII ini, alumni memberikan masukan-masukan yang berarti. Salah staunya membentuk koperasi demi kepentingan sekolah.
Artis Ikut ‘Nimbrung’

Reuni akbar SMPN VIII merupakan reuni pertama yang digelar di SMP tersebut. Tak heran berbagai acara disuguhkan, mulai dari bazar sampai hiburan. Bazar dan hiburan pun diisi oleh para alumni. Tak ketinggalan masing-masing angkatan didaulat maju untuk mempersembahkan sesuatu.
Per-angkatan naik ke atas panggung. Terlebih dahulu mereka memperkenalkan tahun angkatan, kemudian nama. Dari deretan nama, ada beberapa yang tak asing ditelinga seperti Yati Surachman dan Julius Sitanggang. Yati merupakan agkatan 1972. Ia datang bersama kawan-kawannya sehingga rela membatalkan jadwal syuting.
“Hari ini saya ada syuting FTV, tapi demi bertemu teman-teman lama saya batalkan,” ucap Yati.
Menurutnya, masa-masa SMP sangat menyenangkan lantaran ia selalu kompak dengan sahabat-sahabatnya. Antara lain dalam masalah bolos sekolah. Yati bersama ketujuh sahabatnya meninggalkan pelajaran agar bisa menonton. Berhubung jarak Pegangsaan tak terlampau jauh dengan bioskop Megaria. Anak pertama dari sembilan bersaudara ini memilih bioskop tersebut.

Alhasil Yati sering mendapat omelan dari guru sekolah. Tak hanya itu, Yati sering mendapat teguran karena tidak memasukkan baju. “Ya namanya juga masa-masa remaja, masa peralihan,” tuturnya.
Selain Yati, adapula penyanyi Julius Sitanggang. Julius menyumbang tiga lagu dalam reuni. Tampilnya Julius sempat membius peserta. Sebab, ayah dua anak ini menyanyikan single andalannya Maria.
Tak ayal alumni SMPN VIII yang memenuhi lapangan tennis indoor mengikuti. Kemudian Julius menghentak para alumni dengan lagu Bis Sekolah, alumni yang tadinya hanya duduk-duduk merayap mendekati panggung. Mereka turut berjoget dan mendendangkan lagu tersebut.
“Saya menyanyikan tiga lagu di reuni ini,” tutur Julius yang merasa senang bisa ketemu teman lama.
Ia pun terkenang dengan masa-masa sekolahnya. Menurut Julius, saat duduk di bangku SMP dirinya pernah mengalami cinta monyet. Semasa SMP tak mengalami hal-hal negatif, termasuk tawuran. “Kalau berkelahi satu lawan satu sih saya pernah,” ucapnya seraya tersenyum.
Setelah bertemu dengan teman-teman lama, Julius merasa senang. Menurut alumni angkatan 1987 ini ada perubahan pada teman-temannya. “Mereka sekarang sudah punya anak, tubuh mereka juga gemuk. Saya senang bisa bertemu mereka,” ungkapnya. [dikutip dari : http://www.tnol.co.id/id/community/activities/3843-reuni-akbar-smpn-8-penuh-kebersamaan-.html ]

Advertisements

7 Comments

  1. Web's Darkwin says:

    Komentar dan testimonial dari peserta Reuni Akbar SMP 8 Jakarta pada tanggal 24 April 2010 di Tennis Indoor Senayan :

    Muhammad Noviansyah, 89
    ”saya senang krn ketemu lagi sama teman-2 lainnya. cuma memang kemarin lebih banyak reunian dengan teman seangkatan. dengan kata lain, reuni perangkatan yang diadakan secara serempak.”

    Hentung Lukman, 91
    “agak kecewa banget, angkatan 91 dilongkapin untuk poto dari 90 langsung 92
    it’s look like di diskriminasiin .. “

    Eva Sariva
    “BRAVO…BRAVO…many thanks ..buat panitianya yg dah gas pooollllll…love U poolllllll……”

    Joko Sutantio Tingkir
    “PQ pengguasa panggung sejati dan ngribetin, bravo 89 alias PQ”

    Yulia Zain Masyhur
    “Reuni paling Heboh adalah ANGKATAN 8- 82 dong….Seeerrruuu Aaabiizzz…..”

    Masayu Nur Dzikriyana
    “REuninya okay,,,,tq 4 panitiany”

    Regina ‘nux’ Warokka
    “…tak terasa ud 25 th berlalu… Bravo SMP N 8 Jkt….slamat tuk Reuni Akbarnya…..”

    Ruhul Ikhlas
    ”Saya ketua reuni akbar smpn 8 jakarta mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yg telah bekerjasama dan kepada seluruh alumni dari berbagai angkatan yg telah membantu menyukseskan acara reuni akbar ini baik secara materi maupun moril, bila ada kesalahan dan kekurangan itu adalah kesalahan saya sbg ketua yg kurang baik dalam bekerja.”

    Mandra Unyil Timbul
    “Secara pribadi terima kasih kepada pengurus reuni smpn 8 yang telah melakukan terobosan … krn bgmnpun untuk memulai permulaan pasti tidak sempurna … SALAM DARI ANGKATAN 83 BRAVO SMPN 8 ALPHA STONE”

    Dhean Sihombing
    “Tq bgt buat smua panitia, btw angkatan 91 yg beda pendapat sp ya ? Kita kompak smua ko tlg klu mang ada masukan d saluran k forum resminya spy tdk rancu n d mohon dgn sgt urusan pribadi jgn d bawa k komunitas yg kt sdh bentuk. Tq”

    Budhi Benzo Gunawan
    “Selamat & Sukses Buat Mr. Ruhul Ikhlas dan Kawan2 yang telah berhasil menyelenggarakan Reuni Akbar SMPN 8 Jakarta….. Semoga kita semua tetap selalu dalam lindungan Allah SWT…….”

    Nasruddin Nasrun
    ”Selamat dan Sukses ya tuk Panita Reuni Akbar I … !!!
    Bravo SMPN-8 … Bravo !!!”

    Sepriana Ismayanti
    ”Sukses untuk seluruh panitia reuni SMPN VIII yg telah berhasil menyelenggarakan reuni akbar. Hidup SMP 8.!!!!”

    Agung Wahjudi
    ”Thx panitia yg berhasil mengumpulkan kita2, mohon ma’af jika kita2 ngerepotin dan bikin cape. anyway thx berat”

    Adly Alhakim
    ”Sukses ya buat panitia 8, walaupun penuh dengan tantangan luar dalam, tapi acara berjalan dengan sukses bravo 8 dan salut buat angkatan 91 yang kompak walaupun juga beda pendapat”

    Adies :
    “acaranya kurang jelas,,,nggak fokus didlm gedung,,,soo kurang berkesan indah,,,
    seharusnya ontime,,,acara inti sampai jam sekian acara bebas sampai jam sekian,,,acara sesi foto perangkatan juga,,masih banyak yg diluar jadinya perangkatan ada yang ga lengkap…”

    “acara door price juga…”

    “masih banyak yg diluar,,,trus tiket juga kayanya ga kepake d,,,coz banyak yg ga beli tapi bisa masuk juga,,,,”

    “snack : kuenya keras n rasanya kurang enal k….”

    Oma Iksan, tahun 1991 :
    ”ya namanya manusia ada kekurangannya dan kelebihannya…untuk mslah ivent ini, tapi gw angkat jempol..karna bis terselenggara acara akbar ini..
    dan kalau bisa masa yg akan datang akan lbh muuaaanntab lg..”
    ”kalau yg gw lihat kemarin itu, hanya kurang terkordinir aja, untuk masalh kebersamaan antar alumni, dan untuk acara kalau bisa yg lebih ter isolir lagi karna yg gw lihat masih kurang aja..bro..
    karna yg gw lihat kemari di dlm gedung, anatar alumni masih ber gerombol masing masing angkatan, dan tdk bergabung dan membaur sesama alumni..”
    ”kalau bisa ada acara sosialnya sedikit dalam reuni yg akan datang.. ”

    Hari Hardiansyah,
    “Semua berjalan bagus kok, “

    Kalo masalah yg gak datang mah memang orang2 itu males dan pelit untuk mengeluarkan biaya “

    Semua berjalan bagus kok,

    Kalo masalah yg gak datang mah memang orang2 itu males dan pelit untuk mengeluarkan biaya

    ‘Acara ? Dah lumayan baik sih cuma penyusunan acara gak rapi. Kemarin sepertinya berantakan sekali ’

    Dari susunan angkatan dipanggil tidak berurutan, Lalu hiburan acaranya. Semoga kedepan kita bisa lebih rapi. Yg lain sih dah ok semua ”

    ”Saluuuut buat SMP 8 ”

    Nita Riana Ningsih
    “Sukses panitia terutama buat bang Giman Bravo 8 yg lebih Oke lg 82…. tetap semangat…!!!”

    Rizki Januar
    ”Terima kasih kepada panitia, donatur maupun sukarelawan ya mau mewujudkan acara reuni akbar SMPN 8. Semoga silaturahmi akan tetap terjaga.”

    Apink
    “tadi nya saya fikir krn nie reuni akbar mungkin bandnya terkenal ato minimal namanya dah pernah saya denger ternyata……. kenal ajjah kaga!! ato emang sayanya yang ga kenal ma ntu band “
    Mengenai dokumentasi??? foto angkatan saya ajjah gag tau dmn & kemana!!

    Syarifudin Naufal
    Congrats ya buat panitianya smwa, taun dpan adain lg dnk smga lbh rame lg ya hehe.
    CONGRATULATIONS!

    Silvia Soembarto Schober
    ”Kami atas nama panitia dan saya pribadi mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada rekan-rekan Alumni yang telah bersedia hadir di Acara Reuni Akbar. Mohon maaf atas segala kekurangan dan keterbatasan kerja kami, semoga dimaklumi oleh rekan-rekan Alumni. Hidup SMPN 8 !”

    Rini Endang Prihati
    ”Atas nama panitia,kami mengucapkan banyak trima kasih kpd angkatan 1966 sampai dgn angkatan 1979,yg telah memberikan bantuan moril maupun materil,hingga dpt melaksanakan acara REUNI AKBAR SMPN 8 Jakarta”

    Bang Uncu Natsir II
    ”Kepada seluruh Panitia Reuni Akbar SMPN 8 Jakarta, atas nama angkatan 72 saya ucapkan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya atas segala upaya dan kegigihan untuk dpt terselenggaranya acara Reuni Akbar dari Angkatan 60an s/d 2000an.
    Tentunya masih ada kekurangan dan kelemahan dalam penyelenggaraan acara Reuni ini, n…amun semua tertutup dgn semangat dan kegigihan dan kerja keras kalian…..
    Terima kasih adik2ku…”

  2. Web's Darkwin says:

    Sebagai bagian dari Panitia, kita selalu membuka segala masukan dan kritikan yang membangun. semogaacara ke depan dapat terlaksana lebih baik dan lebih meriah. Berikut saya kumpulkan testimonial dari teman2 Alumni :

  3. silvia says:

    Sedih apabila ada yang kritik dan protes, tapi mudah2an kerja keras kami, terutama saya dan kawan2 seperjuangan dapat memberi kesan tuk rekan2 alumni. Apapun bentuknya, segala kekurangan dan kesalahan mohon dimaklumi.( Saya, MC dadakan yg harus rela kehilangan suara sampai empat hari karena panitia tidak mampu membayar MC Pro, , Koordinator Bazaar yg tidak dapat berbuat apa2 disaat tenda bazaar tidak sesuai dengan yg dihadirkan di peta karena baru tahu dimalam hari H dan kena damprat semua peserta, padahal seharusnya seksi yg mengurusi itu bisa koordinasi setidaknya 2-3 hari sebelum hari H, sebagai koordinator tiket, banyak sekali tiket yg tidak kembali ke tangan saya = sisanya dgn berbagai alasan.
    Semua pekerjaan itu saya lakukan karena acak adulnya koordinator dan sebagai sukarelawan, saya hanya membantu. Mohon maaf, ini hanya sekedar unek-unek yg telah lama saya pendam dan saya minta adanya evaluasi kerja panitia tapi tidak pernah ada yg menanggapi. Terima kasih

  4. […] [Darkwin Blog] Di media facebook dishare foto-foto kegiatan halal bi halal alumni SMP 8 JKT tahun ’82. Dapat sih undangannya tapi berhubung ada kegiatan juga sama teman SMA gue jadi gak bisa ikutan deh, So setelah melhat dokumentasinya ternyata mereka turut mengundang Guru dan Mantan Guru SMP 8 Jakarta. Duh .. jadi terharu melihat guru-guru SMP gue masih sehat walafiatt .. dan sebagaian besar guru dan mantan guru tersebut pernah diajar waktu jaman SMP dahulu. Sungguh bahagia melihat mereka hadir disana. Angkatan 82 selaku penyelenggara patut diacungin jempol untuk kegiatan ini. Kita rasa bukan materi lagi yang dicari, namun kebahagiaan dan kepuasan batin bertemu orang-orang yang kita cintai itu adalah hal yang utama. […]

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s