Home » PAGE 4.2 - Internet Media » Siswa SMA 1 Samarinda Wakili Kaltim dalam Paskibraka

Siswa SMA 1 Samarinda Wakili Kaltim dalam Paskibraka

Armeyn Arbianto, siswa SMA 1 Samarinda terpilih sebagai wakil Kaltim yang akan bergabung menjadi pasukan pengibar Sang Saka Merah Putih pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Republik Indonesia di Istana Negara.

MUHAMMAD AGUS, Samarinda

KaltimPost.co.id SIGAP dan tegap terlihat ketika Armeyn Arbianto melakukan Latihan Keterampilan Baris Berbaris (LKBB). Karakteristik tersebut seolah telah melekat bagi remaja kelahiran Blora 2 Mei 1996 ini. Itu pula yang mengantarkannya terpilih mewakili Bumi Etam untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Jakarta 17 Agustus 2013.

Armeyn yang ditemui Kaltim Post, Sabtu (18/5) kemarin menuturkan, dirinya lolos ke nasional setelah melalui beberapa tahap. Disebutkan, seleksi awal dilakukan di sekolah. Terpilih 6 putra dan putri dari SMA 1 Samarinda untuk diseleksi di tingkat kota. Di sana, dia bersaing dengan puluhan peserta dari berbagai sekolah. Waktu itu, proses seleksi berjalan selama dua hari di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Samarinda. “Jumlah pesertanya sekitar 80 siswa. Nah, 80 itu kemudian disaring menjadi 50,” sebutnya.

Berbagai tes diikutinya selama seleksi. Dari tes pengetahuan umum, kebudayaan, kesehatan, pelatihan baris-berbaris (PBB), hingga tes wawancara. Setelah itu, sambungnya, kembali disaring menjadi 20 putra dan 20 putri, hingga akhirnya diranking dari 1-6. “Dari sini saya ranking satu dan mewakili Samarinda ke provinsi,” terangnya.

Berlanjut ke seleksi provinsi yang digelar Dispora Kaltim di Stadion Madya Sempaja, siswa yang dulu sekolah di SD 004 Cendana ini bersaing dengan 14 peserta dari kabupaten/kota lainnya. Sementara untuk putri waktu itu hanya 13 peserta.

Seperti halnya tingkat kota, kata dia, seleksi juga dilakukan melalui beberapa tahap dan tes. Namun, di tingkat provinsi ada tes kesemaptaan, yakni tes fisik dengan mengukur lari selama 12 menit, dan sit-up, push-up, dan lari angka delapan selama 30 detik. “Larinya mengelilingi stadion dan saya bisa tujuh kali (mengelilingi stadion) dengan waktu sesingkat itu,” beber anak tunggal pasangan Subiyantoro dan Sumartini ini.

Setelah sekian hari latihan, akhirnya dia bersama dengan peserta lainnya dikumpulkan, kemudian diumumkan siapa yang berhak mewakili Kaltim ke nasional. Sebelumnya, tidak ada dalam benaknya dapat terpilih. Namun, ketika tim juri menyebutkan bahwa dia menjadi salah seorang yang lolos bersama siswi asal Malinau (Tim Paskibraka putri), cukup terkejut bercampur gembira, karena selama ini itulah yang menjadi cita-citanya.

“Senang, gak menyangka aja bisa terpilih, karena tahun lalu gagal di tingkat kota,” tuturnya. Pertama menyukai LKBB, ketika masih duduk di bangku kelas II SMP. Awalnya, dia melihat temannya latihan paskibra untuk persiapan upacara yang dilakukan setiap Senin. “Saya lihat kok yang latihan upacara ini tegas dan berwibawa, terus gagah gitu. Nah, saya mulai tertarik,” ujar alumnus SMP 5 Samarinda ini.

Sejak itu, dia meminta temannya mengajar dia berlatih menjadi paskibra. Awalnya memang sedikit susah, namun perlahan menjadi mudah dan terbiasa. “Waktu SMP sih, belum pernah ikut lomba,” kata remaja yang gemar sepak bola ini. Ketika lulus, dia memilih SMA 1 Samarinda dan kembali terjun ke paskib. Pertama mengikuti lomba ketika LKBB di SMA 8 Samarinda, waktu itu regunya berhasil meraih peringkat III. “Kelas I, ikutnya sekali saja, karena bergantian dengan teman-teman lain,” kenangnya.

Saat kelas II, kembali mengikuti lomba di SMA 16 Samarinda. Walhasil regu SMA 1 Samarinda berhasil memborong juara, kategori Dandru Putra Putri, regu Putra dan Putri berhasil diraih. “Mulai dari sini, saya mulai termotivasi untuk bisa tembus ke nasional. Tahun lalu pernah ikut seleksi, tapi di tingkat kota tak lolos,” jelasnya.

Sejak itu, dia terus latihan dengan serius. Sambil latihan sendiri, setiap Jumat dan Sabtu, dia juga ikut memberikan pelatihan kepada adik-adik tingkatnya di SMA 1 Samarinda. “Saya berharap bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia nanti. Membuktikan bahwa putra Kaltim juga mampu bersaing di tingkat nasional,” tutup remaja yang bercita-cita jadi Polisi ini. (wan)

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s