Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » News and Update » Perbaiki Pelayanan Commuter Line

Perbaiki Pelayanan Commuter Line


Media Indonesia 6 June 2014 | Page 26, Bedah Editorial |

SAYA pernah membaca pernyataan Enrique Penalosa, Wali Kota Bogota, Kolombia (1998-2001), yang mengatakan bahwa negara maju bukanlah negara yang orang miskinnya memiliki mobil pribadi, melainkan negara yang orang kayanya menggunakan transportasi umum.
Sebagai masyarakat Indonesia, saya merasa hal tersebut terjadi di Indonesia. Masyarakat kita melakukan aktivitas sehari-hari sebagian besar menggunakan kendaraan pribadi jika dibandingkan dengan transportasi umum. Masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi itu pun bukan karena kaya, melainkan karena kebutuhan untuk beraktivitas.
Kondisi itu bisa climaklumi karena transportasi umum di Indonesia terutama di Jakarta belum nyaman dan aman. Dengan populasi masyarakat sekitar 9 juta di Jakarta, saya sebagai masyarakat Jakarta belum merasakan fasilitas umum yang aman dan nyaman tersebut.
Saya sangat merasakan transportasi umum kita yang belum memadai itu, karena hampir setiap hari saya menaiki KRL commuter line tujuan Palmerah dari Stasiun Sudimara. Dari segi waktu memang efisien, tetapi pelayanan commuter line masih sangat kurang atau bahkan minim fasilitas, termasuk jumlah KRL-nya yang kurang.
Bisa dilihat dari penumpang yang selalu penuh atau sangat padat, berebutan untuk naik KRL mulai pagi hingga sore waktu pulang kerja. Jadwal yang terkadang berubah membuat penumpang menunggu lebih lama dan akibatnya penumpang menumpuk di stasiun.
Terhadap KRL commuterline itu juga harus ada perawatan dan perbaikan. Mungkin bagi yang sudah pernah menaiki KRT, akan merasakan fasilitas yapg sangat minim di KRL. Bisa juga dilihat dari jendela yang tidak ada kacanya dan AC yang tidak dingin alias tidak berfungsi.
Harapan saya, pelayanan commuter line harus bisa lebih bail( lagi. Jumlahnya juga hams ditambah, dan dilakukan perawatan terhadap fasilitas yang ada, sehingga masyarakat yang menggunakannya bisa merasa nyaman dan aman.
Adhiatma Mursetyc Jakarta
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s