Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » Kritis Cari Informasi yang Benar dan Valid

Kritis Cari Informasi yang Benar dan Valid


Media Indonesia 9 Juni 2014 Page 25, Kolom Forum oleh Andang SM, Bandung
MAU tidak mau, suka tidak suka, harus diakui bahwa merebaknya kampanye hitam menjelang pilpres merupakan preseden buruk dalam sistem demokrasi yang sedang terbangun. Kampanye hitam yang bermotif fitnah tanpa dasar fakta merupakan pendidikan politik yang buruk bagi rakyat.
Munculnya kampanye hitam menandakan kurangnya `kesadaran’ para penghembus kampanye hitam bahwa dinamika informasi yang ditangkap rakyat sekarang jauh berbeda dengan situasi 10 atau 20 tahun yang lalu. Rakyat sekarang sudah cerdas dan kritis dalam menerima informasi, khususnya lewat media sosial, visual, dan cetak.
Bukti konkret ialah gagalnya para kontestan meraih kemenangan dalam pemilu di berbagai negara lantaran strategi kampanye hitam yang diterapkan. Acap kali, kampanye hitam menjadi bumerang bagi pihak penghembusnya sendiri.
Kita patut prihatin dengan munculnya kampanye hitam yang menyesatkan persepsi masyarakat pada calon kontestan. Yang terang, kita (baca: rakyat) mesti melawannya, titik. Caranya, jadilah rakyat yang cerdas dan cermat dalam memilih. Setiap ada informasi dari kampanye hitam, cari informasi di media cetak atau internet. Kebenaran dan kevalidan informasi menjadi acuan penting untuk menetapkan hati.
Bagi pihak kepolisian, ketegasan mesti ditegakkan. Pihak-pihak yang ketahuan menyebarkan kampanye hitam mesti ditangkap dan ditindak secara hukum. Rakyat sudah pintar sekarang. Saya yakin, strategi kampanye hitam tidak akan efektif! Semoga.
Andang SM, Bandung
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s