Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » Budi Gunawan Tak Dijatuhi Sanksi

Budi Gunawan Tak Dijatuhi Sanksi


Koran Bisnis Indonesia | Page 12 | Oleh Fitri Sartina Dewi

JAKARTA—Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Kalemdikpol), Komjen Pol. Budi Gunawan, dikabarkan mengadakan pertemuan rahasia dengan seorang Anggota DPR sekaligus anggota timses pasangan Joko’ Widodo-Jusuf KaIla, Trimedya Pandjaitan, yang dicurigai dilakukan untuk menarik dukungan dan Polri.
Menanggapi isu tersebut, Wakapolri, Komjen Pol. Badrodin Haiti, mengatakan isu tersebut telah dipolitisasi. Dia juga membantah ada anggotanya yang tidak netral dan cenderung berpihak kepada salah satu pasangan capres-cawapres.
“Memang sudah dipolitisasi, karena pertemuan keduanya di sebuah rumah makan di kawasan Jakarta Pusat itu kan tidak direncanakan, terjadi secara kebetulan,” kata Badrodin kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (10/6).
Menurutnya, Budi telah memberikan keterangan kepada pihak Polri terkait dengan pertemuannya dengan Trimedya. Berdasarkan penjelasnnya, Badrodin menuturkan bahwa Budi dan lima orang stafnya tengah dalam perjalanan menuju ke sebuah rumah makan pada pukul 22.00 WIB.
Di rumah makan itu, lanjutnya, suasananya ramai dan penuh, di sana ternyata ada Trimedya juga yang sedang makan-makan bersama rombongan gereja. Di sana ada juga komisioner Komisi Pemilihan Umum yaitu Hadar Nafis Gumay.
“Namanya sudah kenal dan sering bertemu ketika ada agenda di DPR, maka tak mungkin keduanya tidak saling tegur sapa, beliau [Trimedya] lalu menghampiri dan bicara dengan Pak Budi, tetapi tidak hanya berdua, ada yang lain juga di situ,” ujarnya.
Menurutnya, dalam pertemuan tersebut keduanya sama sekali tidak menyinggung atau membicarakan topik yang berkaitan dengan politik maupun pemilu.
“Keduanya hanya mengobrol biasa saja, tidak mungkin mereka bicara soal rahasia di tempat ramai seperti itu, ketika mereka berbincang itulah ada yang mengambil fotonya,” ucapnya.
Dia menegaskan Budi Gunawan tidak akan mendapat sanksi, dan dinyatakan tidak melakukan pelanggaran kode etik, sebab dia sudah terbukti tidak melakukan hal-hal yang mengindikasikan adanya keperpihakan dengan pasangan tertentu.
Selain itu, pihaknya juga telah mengklarifikasi isu tersebut kepada pihak Istana dan siap untuk mengklarifkasinya lagi kepada pihak-pihak yang masih meragukan netralitas Polri pada Pilpres 2014.
“Pihak polri siap klarifikasi, dan saya sudah jelaskan di Istana, kalau diminta menjelaskan lagi, tidak apa-apa, akan saya jelaskan.”
Sementara itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan tuduhan pihak tertentu yang menuding anggota timses Jokowi-JK mengadakan pertemuan rahasia dengan pejabat polri itu hanyalah bagian dari pengalihan isu dan terkesan akal-akalan. (Fitri Sartina Dewi)
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s