Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » PRABOWO VS JOKOWI : 30% Pemilih Pertimbangkan Hasil Debat

PRABOWO VS JOKOWI : 30% Pemilih Pertimbangkan Hasil Debat


Koran Bisnis Indonesia | Page 12 | Oleh Annisa Sulistyo Rini

JAKARTA—Elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa tidak akan bisa menyalip elektabilitas pasangan Joko Wido‘do (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) apabila kubu Prabowo-Hatta tidak menghadirkan kejutan besar di 3 pekan terakhir menjelang pemilihan presiden 9 Juli.
Berdasarkan hasil survei Cyrus Network sejak 25-31 Mei 2014, elektabilitas Prabowo-Hatta mencapai 38,8% dan Joko Widodo-Jusuf Kalla 51,6%.
Cyrus Network juga menyurvei pascadebat capres-cawapres yang digelar pada Senin (9/6) malam, menunjukkan Prabowo-Hatta mendapatkan elektabilitas 41,1% dan Jokowi-JK 53,6%.
Namun, sebanyak 30% pemilih mempertimbangkan debat caprescawapres yang dilaksanakan pertama kali, Senin malam merupakan instrumen untuk menentukan pilihan.
“Tapi, sayangnya performa Prabowo pada debat di bawah ekspektasi, tidak seperti yang diharapkan. Sedangkan Jokowi, performa tidak istimewa, tapi di atas perkiraan dan unggul tipis di atas Prabowo,” ucap Direktur Eksekutif Cyrus Network, Hasan Nasbi, dalam acara Pemaparan dan Diskusi Hasil Survei Nasional Peta Elektabilitas dan Peluang Capres dan Cawapres Jelang Pemilu Presiden 2014 di Resto D’ Consulate, Jakarta Pusat, Selasa (10/6).
Performa Prabowo dalam debat yang tidak memenuhi harapan masyarakat membuatnya gagal untuk memengaruhi 30% pemilih yang memantapkan pilihan berdasarkan debat.
“Oleh sebab itu dalam waktu yang tinggal sisa tiga pekan ini kalau Prabowo-Hatta pola kampanyenya stagnan dan tidak ada kejutan besar yang telah disiapkan lama tidak akan membuat perubahan yang berarti,” tambah Hasan.
Angka akhir kompetisi antar dua pasangan capres dan cawapres tersebut, lanjut Hasan, sudah dapat diprediksi sejak hari ini.
“Jokowi-JK bisa memperoleh angka sedikitnya 56,5%, sedangkan Prabowo-Hatta 43,5%. Nanti kami akan konfirmasi angka ini dengan hasil survei berikutnya yang dilaksanakan 10-15 Juni,” ujarnya.
Di tempat terpisah, Yenny Wahid, Direktur The Wahid Institute, menganggap baik Prabowo maupun Jokowi telah mewakili pemikiran Gus Dur dalam hal demokrasi dan pluralisme.
“Capres-capres tersebut sudah mampu mewakili pemikiran Gus Dur. Kami lihat komitmen kedua capres sangat kuat terhadap kebhinekaan di Indonesia,” ujar Yenny saat ditemui seusai acara diskusi di Mabes Polri.
Di tempat terpisah, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, mengaku puas dengan penampilan Jokowi-JK dalam acara debat perdana.
“Caton kami Pak Jokowi dan JK bisa tampil cukup baik, mereka juga terlihat cukup siap dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari moderator,” kata Puan kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (10/6).
Dalam kesempatan tersebut, Puan juga membantah adanya anggapan yang mengatakan, JK tampil lebih dominan dibandingkan dengan Jokowi.
Selain itu, Puan yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP di DPR ini mengatakan pertanyaan mengenai isu Hak Asasi Manusia (HAM) yang diajukan Jusuf KaIla tidak bermaksud untuk menyerang atau menyudutkan pihak tertentu.
Sedangkan Sekretaris Tim Pemenangan pasangan Prabowo SubiantoHatta Rajasa, Fadli Zon, menilai debat Senin lalu merupakan pertarungan antara negarawan melawan politikus.
Fadli menilai sosok Prabowo-Hatta memiliki sikap kenegarawanan dengan pernyataan-pernyataan yang dilontarkan, sementara Jokowi-JK menurutnya hanyalah seorang politikus biasa. “Saya menganggap itu negarawan melawan politikus, Pak Prabowo dan Pak Hatta itu paparannya negarawan, kalau yang Pak Jokowi-Kalla politikus itu,” kata Fadli di Posko Pemenangan Rumah PoIonia, Jakarta, Selasa. (Fitri Sartina Dewi/Teqar Arid/ Sholahuddin Al Ayyubi/Nadya Kurnia) E3
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s