Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » SBY Akui Belum Berhasil Berantas Korupsi

SBY Akui Belum Berhasil Berantas Korupsi


Koran Bisnis Indonesia | Page 12 | Oleh Demis Rizky Gosta

JAKARTA—Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengakui pemerintahannya belum berhasil memberantas korupsi.
Presiden mengatakan pemberantasan korupsi adalah pekerjaan lintas generasi yang tidak bisa selesai dalam satu periode pemerintahan. Dia berpendapat masalah korupsi di Indonesia terlalu kompleks untuk diselesaikan dalam waktu singkat apalagi dalam era demokrasi clan desentralisasi kekuasaan scat ini.
“Sekarang kekuasaan ada di mana-mana, akibatnya godaannya di inana-mana, yang tergoda akan kena [kasus korupsi],” kata Presiden dalam pembukaan Forum Anti Korupsi Indonesia Ke-4 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/6).
SBY bisa menerima kritik yang menyatakan dirinya tidak berhasil memberantas korupsi, Namun, dia menegaskan pemerintahannya sudah sangat serius berusaha melaksanakan program pemberantasan korupsi. “Kalau SBY dikritik belum bisa memberantas korupsi saya terima, tetapi kalau SBY dibilang tidak serius memberantas korupsi saya tidak terima,” kata Presiden.
SBY juga mengaku sering didekati kenalannya agar memperlunak sikap pemerintah terkait dengan pemberantasan korupsi.
Presiden mengatakan dirinya sering mendengar berbagai keluhan tentang ekses dari upaya pemberantasan korupsi pemerintah, termasuk dari teman-teman dekatnya.
Beberapa tokoh politik, kenang SBY, pernah mengusulkan pemerintah menjalankan moratorium pemberantasan korupsi dalam 5 tahun masa pemerintahannya.
Para tokoh politik tersebut berpendapat upaya pemberantasan korupsi justru menyebabkan roda pemerintahan tidak berjalan karena para pengambil keputusan takut terkena kasus korupsi. “Tidak sedikit tokoh politik datang ke saya minta lakukan moratorium pemberantasan korupsi karena banyak kegiatan terhenti, banyak yang takut mengambil keputusan,” kata Presiden.
SBY mengungkapkan bahkan beberapa kenalannya meminta bantuan untuk membantu teman mereka yang tersangkut kasus korupsi. “Banyak teman-teman dekat saya minta tolong. Halo bagaimana saya menolongnya? Dalam pikiran saya, mau menolong saja itu sudah salah,” katanya. (Demis Rizky Gosta)
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s