Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » Pilpres dan Social Media

Pilpres dan Social Media


Sahabat, menjelang pilpres yang akan digelar nanti, mungkin (atau bahkan sudah) mulai terasa garis pilihan politik yang berseberangan di media social. Pilpres memberikan efek beraneka ragam para pendukung masing-masing untuk beropini mensosialisasikan pilihannya. Tidak hanya opini, mengangkat informasi tentang pilihannya agar diketahui masyarakat luas dari media TV, media cetak dan internet sangat mudah dilakukan, broadcast di social media menjadi hal yang tak terhindarkan. Selektif dalam mengadopsi informasi mutlak diperlukan. 
Tanpa kita sadari, media social sangat mempengaruhi bagi yang membacanya. Terbukti dari beberapa respon sahabat, teman di social media, baik facebook, twitter, blog, BBM, dan lainnya. Media social dirasa mulai mengganggu (bagi orang-orang yang berbeda pendapat tentunya). Ada yang menanggapi positif dan ada juga menanggapinya dengan nada negative. Bagi yang menanggapi positif, tentu menyikapinya ini adalah bagian dari demokrasi. Berpendapat dan menghargai pendapat orang lain adalah hal yang wajar, bahkan perlu. Tidak lantas, berbeda pendapat adalah suatu lawan yang harus ditundukkan. Bahkan sampai menghapus pertemanan (unfriend -red) di dunia maya. Itu jauh dari hakikat sebenarnya.

Lucu memang terdengarnya, pertemanan bisa renggang bahkan menyisakan dendam karena perdebatan ini. Sangat tidak elok, persahabatan yang telah dibangun, terkikis karena pilpres ini. Entah karena ada kata-kata yang tak berkenan atau merasa tersudutkan dengan opini yang disampaikan.

Seperti dalam gambar printscreen dibawah ini, tentu bukan ini yang diharapkan. Apapun alasannya, apapun figur yang menjadi idola, pertemanan adalah segalanya. Perlu menarik diri agar tidak terlampau jauh. Untuk itu, perlu kerendahan diri untuk bergandengan.

Salam Dua Jari
Darwin Darkwin

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s