Home » PAGE 3.18 - Story of the Day » Macam-Macam Jenis Orang Pengguna Facebook

Macam-Macam Jenis Orang Pengguna Facebook


Di dunia social media, tentu saja ada bermacam-macam jenis orang jika dikategorikan dari sikap dan sifatnya. Demikian pula di situs jejaring sosial Facebook, ada banyak macam teman-teman yang kita miliki. Ada yang sangat eksis, ada juga yang jarang-jarang. Setidaknya ada beberapa tipe pemakai Facebook yang dapat dikenali dari caranya menggunakan social media Facebook.

Mari kita simak satu persatu!
#1
Orang Yang Tersembunyi
Tipe ini sering disebut dengan lurker yang artinya kurang lebih sama. Orang ini adalah seseorang yang sangat misterius. Jarang sekali dia melakukan update status, berkomentar atau main game. Namun orang jenis lurker ini selalu login setiap hari. Ia hanya membaca timeline dan segala hal yang ada di hadapannya. Jadi jangan heran jika ia tahu betul si A sedang berselingkuh dengan si B, si C sedang marahan dengan si D, dan lain sebagainya.
Orang seperti ini adalah tipe pengamat (alias pengintip).
#2
Penyalak Tak Berarti
Orang yang bersikap seperti ini seperti layaknya hewan Hyena. Ia seringkali hanya mengupdate status yang tidak berarti atau memberikan suatu komentar yang tidak berarti apapun.
Orang ini tidak banyak bicara (karena memang di Facebook cuma butuh menulis), hampir sama dengan tipe pertama, hanya saja dia lebih terbuka mengumumkan kehadirannya dengan hanya berkomentar “Hahaha….” atau like saja di semua status orang lain.
#3
Miss & Mister Popular
Pada umumnya jenis orang ini memiliki ribuan teman di Facebook-nya dengan alasan yang tidak jelas. Diantara ribuan itu, bahkan bisa mentok di batasan Facebook 5000 teman, hanya kurang dari 1% yang dikenalnya dengan pasti. Kegiatan yang dilakukan oleh orang ini hanya mencari teman di Facebook dengan maksud yang tidak jelas, seperti misalnya hanya berteman dengan akun-akun yang memajang foto wanita cantik saja.
Seringkali pula akun seperti ini adalah akun palsu atau akun ganda (kayak akun milikmu) dari orang lain yang tidak ingin diketahui identitasnya.
#4
Pecandu Game Online
Sesuai dengan namanya, pengguna jenis ini adalah seorang pecandu game sejati. Game apapun di Facebook akan ia coba. Ia berteman dengan banyak orang hanya agar mendapat teman bermain game saja. Jika kamu berteman dengan orang semacam ini, dapat dipastikan bahwa notifikasimu akan penuh dengan ajakan main game darinya (sesekali maunya diajak makan atau jalan-jalan).
Orang seperti ini terkadang sangat menyenangkan, namun seringkali sangat mengganggu, misalnya dengan notifikasi dan update statusnya yang selalu itu-itu saja.
#5
Orang Yang Alim
Pengguna Facebook seperti ini adalah orang yang selalu melakukan update status dengan kalimat yang mengagungkan Sang Pencipta. Seringkali orang ini juga mengutip beberapa ayat suci dan memberikan penjelasan di dalamnya. Pengguna jenis ini sangat jarang mencari teman di Facebook. Waktunya sebagian besar digunakan untuk menyebarkan foto dan video religi atau event acara keagamaan di statusnya supaya orang lain melihat dan tertarik untuk berkenalan dengannya.
Orang seperti ini (bukan kayak kamu yang norak) biasanya saat sudah menjadi teman bisa sangat dekat dan bisa menjadi salah satu sumber ilmu agama.
#6
Manusia Labil
Pada umumnya, manusia yang masih labil emosinya adalah remaja atau anak baru gede yang disingkat ABG. Sehingga muncul term ababil sebagai singkatan dari ABG labil. Umumnya mereka mencari teman di Facebook hanya untuk menambah daftar teman di Facebook saja. Bahasa yang digunakan untuk update status adalah bahasa yang aneh (dan tidak jelas) bagi orang kebanyakan dan tidak mengikuti kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Bisa dikatakan bahasa yang digunakan adalah bahasa Alay. Status mereka kebanyakan berisi sesuatu yang dipenuhi dengan rasa kebencian, kemarahan, kesedihan atau sejenisnya dikarenakan oleh orang tua, teman atau kekasih.
Meskipun mayoritas manusia labil adalah ABG, tidak tertutup kemungkinan bahwa ada manusia labil yang sudah cukup umur (seperti kamu misalnya, hehe…..).
#7
Jempolers/Likers
Pengguna tipe ini adalah seorang yang sangat suka menekan tombol Like di tiap status yang ia temui di Timeline-nya. Sangat jarang bagi mereka berkomentar atau membuat status, akan tetapi selalu melayangkan jempol kepada status-status yang bertebaran.
Tidak peduli status yang dibuat apakah baik atau buruk (otaknya tidak dipakai), tetap saja mereka menekan tombol like (jempolnya sudah keras dan kaku).
#8
Tukang Mengutuk
Disebut demikian karena jenis orang seperti ini cenderung mengutuk (menghina, mencaci-maki) seseorang yang tidak disukainya di dalam status mereka sendiri. Hal ini sama saja membawa urusan pribadi ke ranah public (persoalan di laut dibawa ke darat, begitu sebaliknya). Sebenarnya ini tidak bijak dilakukan apalagi jika sampai menandai nama orang yang mereka benci di status yang mereka tulis.
Tujuan dari orang ini adalah mencari perhatian dari banyak orang guna mendapatkan pasukan atau pendukung. Tidak sedikit juga mereka yang seperti ini sekedar mencari teman di Facebook untuk melihat foto-fotonya dan kemudian mencelanya.
#9
Komentator Genit & Mesum
Jika kamu memiliki teman cewek Facebook yang cantik, kamu dapat melihat tulisan di wall dan komentar di status cewek tersebut. Pasti akan ada orang-orang yang mengucapkan perkenalan melalui wall atau komentar. Orang-orang yang seperti ini hanya mencari pertemanan dengan akun di Facebook yang memasang foto wanita cantik saja. Setelah memperkenalkan diri, komentator seperti ini akan mengomentari hampir semua status yang dibuat oleh si cantik ini dengan gaya seakan perhatian.
Setelah sekian lama, ia makin kurang ajar. Paling minim adalah ia bilang bahwa ia suka pada wanita itu dan yang maksimal bisa mengajaknya berbuat mesum.
Dirimu kah itu??!
#10
Tukang Foto
Orang tipe ini adalah sosok yang sangat suka berfoto. Setiap hari, bahkan beberapa jam sekali pasti akan mengunggah foto baru. Bahkan bisa jadi sangat sering mereka mengganti foto profilenya dengan yang baru padahal foto profile yang lama baru berumur beberapa jam dan bahkan tidak semua temannya melihat.
#11
Pengadu (Keluh Kesah)
Cirinya kalau mengupdate status isinya hanya mengadukan apa yang dia alami atau mengeluh atas sesuatu. Apa saja bisa jadi bahan keluhan. “Aduuuh… ini pinggang, kenapa jadi sakit begini. Hari ini kayaknya banyak masalah, nih!”
Ketika kepadanya disodorkan makanan, jurus keluhannya segera berhamburan. “Makanan kok dingin begini? Coba kalau ada sambal, tentu lebih nikmat. Aduuuh… kerupuk ini, kenapa kecil-kecil begini?” Terus saja makanan dikeluhkan, walau kenyataannya semua akhirnya habis juga.
Pengguna Facebook kayak ini sama dengan orang rendahan, seolah tiada hari berlalu tanpa keluh-kesah. Ketika turun hujan, postingannya, “Ohh… hujan melulu, dimana-mana becek. Jemuran nggak kering-kering.” Ketika di jalanan macet, mengeluh. Ketika ada lampu merah, mengeluh. Ketika ada polisi, mengeluh. Ketika ada orang meminta-minta, mengeluh. Dan seterusnya, seolah tiada hari berlalu tanpa keluh-kesah.
Orang dengan tipe ini kayaknya cukup menderita, hidupnya terpenjara oleh keluh-kesah. Dia tidak bisa membedakan mana nikmat dan mana musibah. Seluruh lembar hidupnya dimaknai sebagai kesusahan, sehingga -menurutnya- layak dikeluhkan (dan sangat pantas buat bahan postingannya).
Demikian adalah beberapa jenis pengguna Facebook yang boleh jadi ada saya, kamu, mereka atau kita semua di dalamnya.
Mungkin masih banyak lagi jenis lainnnya dan termasuk makhluk langka, hehehe…..
Mungkin ada yang bisa dan mau menambahkan via komentar??!

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s