Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » Jokowi Merakyat dan Sederhana

Jokowi Merakyat dan Sederhana


Media Indonesia 16 Juni 2014 Page 2 oleh Adhi M Daryono

Responden lebih menyukai karakter pemimpin yang bersih, jujur, peduli, serta prorakyat.
Pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf
Kalla (Jokowi-JK) mempunyai visi dan misi ekonomi kerakyatan serta berpengalaman banyak dalam pemerintahan. Pasangan Jokowi-JK juga lebih banyak dipilih masyarakat menengah ke bawah, seperti buruh, petani, dan masyarakat berpenghasilan kurang dari Rp1,5 juta.
“Pasangan Prabowo-Hatta lebih banyak dipilih kalangan masyarakat menengah atas, seperu pengusaha, pegawai negeri sipil yang berpenghasilan di atas Rp1,5 juta,” kata’Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute Hanta Yuda, di Jakarta, kemarin, saat memaparkan hasil survei yang dilakukan pada 26 Mei hingga 3 Juni 2014.
Di sisi lain, di tempat terpisah, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memaparkan hasil survei pada 1-9 Juni 2014 ten- tang Akankah Laju Prabowo Terhenti? Hasil survei menunjukkan isu keterlibatan capres Prabowo Subianto dalam penculikan aktivis pada 1998 clinilai dapat meruntuhkan elektabilitasnya menjadi presiden pada 9 Juli mendatang. “Berdasarkan hasil survei kami, 51,50% masyarakat percaya Prabowo terlibat activist gate, kemudian yang tidak percaya 37,60%, dan sisanya 11% tidak mengetahui kasus tersebut,” jelas Peneliti LSI Adjie Al Faraby, di Jakarta.
Lalu yang menjadi permasalahan kubu Prabowo-Hatta, lanjut Adjie, 56,80% masyarakat yang memilihnya akan mempertimbangkan isu terse- but dalam memilih Prabowo.
“Hal itu jelas menjadi ancaman besar bagi pasangan tersebut. Efek kasus itu dapat menjadi lonceng kematian bagi elektabilitas Prabowo pada pemilihan presiden nanti,” tambah Adjie.
Jujur, peduli rakyat
Lebih lanjut, Hanta menjelaskan survei yang melibatkan 2.010 responden di 33 provinsi itu menunjukkan responden lebih menyukai karakter pemimpin yang bersih dan jujur, peduli serta merakyat yang masing-masing mempunya nilai paling tinggi 50,1% dan peduli merakyat 22,6%. Responden lebih menyukai hal itu jika dibandingkan dengan karakter tegas dan berani.
“Selain itu, responden lebih memilih pemimpin yang mempunyai visi-misi, program yang jelas. dan rekam jejak kepemimpinannya, yakni masing-masing mendapatkan 36,% dan 35,1%,” tambah Hanta.
Dalam menanggapi hasil sure  Institute, anggota tim sukses Jokowi-JK Maruarar Sirait mangatakan Jokowi dipilih kalangan masyarakat menengah ke bawah dan berpenghasilan rendah secara ekonomi karena. mempunyai visi-misi ekonomi kerakyatan.
Sementara itu, dewan pakar tim Prabowo-Hatta Fadel Muhammad mengakui pasangan capres-cawapres nomor 1 belum bisa menyentuh masyarakat menengah ke bawah.
Adjie mengatakan hash survei LSI menunjukkan efek kuat atas isu keterlibatan Prabowo dalam activist gate. Untuk itu, lanjut Adjie, Prabowo perlu mengklarifikasi isu keterlibatannya dalam kasus itu.
LSI, lanjutnya, menyurvei 2.400 responden dengan metode multistage random sampling dan margin of error ± 2.0%. (Cah/X-7) adhi@mediaindonesia.com
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s