Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Koran Tempo » Mahfud Md. Minta Maaf kepada Putri Bung Karno

Mahfud Md. Minta Maaf kepada Putri Bung Karno


Koran Tempo 23 Juni 2014 Page 9, Oleh Amos Simanungkalit, Phesi Ester Julikawati, Gilang Ramadhan
JAKARTA — Ketua Tim Pemenangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Prabowo Subianto – Hatta Rajasa, Mahfud Md., meminta maaf kepada putri Bung Karno, Rachmawati Soekarrioputri, atas pernyataannya, yang menyebut Presiden Sukarno sebagai pelanggar hak asasi manusia. Mahfud mengklaim media massa salah menangkap pesan yang ingin disampaikannya.
“Saya minta maaf bukan karena menyebut Sukarno pelanggar HAM, melainkan karena pemberitaan media yang salah,” ujarnya di rumah Rachmawati, di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, kemarin. Dia menantang pihak yang menudingnya menghina Sukarno untuk memberikan bukti.
Menurut dia, setiap pemerintahan mewarisi kasus HAM. Tapi dia tak bilang otak pelanggaran HAM adalah Sukarno. “Dulu pelanggaran HAM terjadi karena situasi politik, bukan struktur,” ujarnya didampingi Sekretaris Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Fadli Zon.
Dalam peresmian kantor MMD Initiative di Bengkulu, Jufnat pekan lalu, Mahfud Md. meminta semua pihak saling memaafkan dan tidak mengungkit masalah pelanggaran HAM yang terjadi saat Prabowo Subianto menjabat Komandan Jenderal Kopassus TNI AD pada 1998.
Jika mau buka-bukaan, kata Mahfud, dua Presiden RI, yakni Sukarno dan Soeharto, juga bertanggung jawab atas pelanggaran HAM yang terjadi saat mereka menjabat. “Banyak pelanggaran yang telah terjadi dan banyak tokoh negara iM yang hams bertanggung jawab, termasuk Sukarno,” kata Mahfud dalam orasinya saat itu. Pernyataan itu menuai banyak kritik.
Rachmawati mengatakan ayahnya bukan pelanggar HAM. “Saya kenal betul ayah saya,” ujarnya. Dia mengaku tak mau berkomentar perihal masalah ini karena tidak paham duduk perkaranya. • AMOS SIMANUNGKALIT I PHESI ESTER JULIKAWATI I GILANG RAMADHAN

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s