Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Bisnis Indonesia » Konflik Internal: Elite Golkar Bela 3 Kader

Konflik Internal: Elite Golkar Bela 3 Kader


Bisnis Indonesia 26 Juni 2014 Page 12 Oleh Annisa Sulistyo Rini

JAKARTA—Eksponen Ormas Tri Karya Golkar yang terdiri atas pendiri partai Golkar yakni SOKSI, MKGR, dan Kosgoro 1957, menolak proses pemecatan ketiga kader muda dari keanggotaan partai Golkar. Penolakan tersebut didasarkan pada beberapa hal.
“Pertama pemecatan itu dipandang tidak sesuai dengan prosedur, sebagaimana yang tercantum di AD/ART partai,” ucap Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agung Laksono di Hotel Sultan, Rabu (25/6).
Menurut Agung, pemecatan yang diterima oleh Agus Gumiwang, Nusron Wahid, dan Poempida Hidayatullah, tidak sesuai prosedur karena ketiga kader tidak menerima surat peringatan terlebih dahulu.
“Seharusnya juga diproses dahulu melalui rapt pleno,” kata Agung. Awing inenilai sanksi yang diberikan partai Go’Icor met upakan jenis sanksi yang dinilai terlalu berat karena pemecatan langsung ke keanggotaan. Itu berarti pemutusan sampai ke akarakarnya. Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat tersebut juga menyatakan eksponen ormas Tri Ka rya Golkar menilai keputusan pemecatan ketiga kader muda itu merupakan keputusan yang keliru sehingga perlu dianulir dan direhabilitasi.
‘ Selain itu, Eksponen Ormas Tri Karya Golkar juga akan mendukung ketiga kader untuk mencari keadilan. “Kami juga menghargai adanya keinginan dari teman-teman yang diberhentikan un tuk menempuh jalur hukum dan mendukung dibentuknya mahkamah partai agar kasus seperti ini dapat diselesaikan dengan adil dan benar serta tidak subjektif,” tambahnya.
Langkah yang diambil Eksponen Ormas Tri Karya, sebagai pembentuk Partai Golkar, lanjut Agung, semata-mata dilakukan demi rasa cinta terhadap partai. “Kami tidak ingin suasana di partai melemahkan semangat demokrasi yang dibangun dan melemaltIcan pembangunan kader yang dibutulikan untuk eksistensi partai. Kami juga mengimbau ke jajaran partai untuk tetap solid dan kompak.”
Untuk diketahui, petinggi dan anggota eksponen ormas Tri Karya yang terdiri dari SOKSI, MKGR, dan Kosgoro 57 mengadakan pertemuan tertutup terkait keputusan Partai Golkar yang memecat tiga kader muda mereka.
Pemecatan tersebut dilakukan karena ketiga kader mendukung capres Jokowi-JK yang dinilai tidak sejalan dengan keputusan partai yang mendukung capres Prabowo-Hatta. Sementara itu Nusron Wahid menyatakan dirinya tidak begitu peduli dipecat dari keanggotaan oleh partai berlambang pohon beringin tersebut.
“Saya tidak begitu peduli, mau dipecat atau diapakan karena saya tidak mengejar jabatan,” ucap Nusron di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (25/6).
Nusron menuturkan dirinya merupakan kader partai Golkar yang memperoleh suara terbanyak pada pemilihan legislatif lalu. Nusron memperoleh 243.000 suara untuk daerah pemilihan Kudus, Demak, dan Jepara.
Pada keputusan rapat pimpinan Partai Golkar diputuskan siapa yang suaranya paling banyak akan direkomendasikan menjadi pimpinan DPR.
“Logikanya, kalau saya ingin jabatan, saya tinggal duduk manis dan pura-pura dukung Prabowo-Hatta, pasti saya dikasih jabatan,” lanjutnya. (Annisa Sulistyo Rini)

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s