Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » Piala Dunia, Pilpres, dan Ramadhan

Piala Dunia, Pilpres, dan Ramadhan


Republika 26 Juni 2014 Page 6, Tajuk

Dari Juni hingga Juli 2014 ini, masyarakat dunia terfokus pada perhelatan Piala Dunia di Brasil. Hal yang sama juga dialami masyarakat Indonesia. Gegap gempita Piala Dunia menjadi hiburan yang menarik untuk dinikrnati.
Tak hanya saat Piala Dunia, pada Juni-Juli ini masyarakat Indonesia akan punya hajat besar, yakni pemilihan presiden (pilpres) pada 9 Juli 2014. Saat ini, proses hajatan itu sudah dimulai dengan digelarnya kampanye.
Selain dua hal di atas, masih ada satu hal lain yang juga sedang dipersiapkan masyarakat Indonesia, Muslim khususnya. Pada Sabtu (28/6) ini, sebagian umat Islam sudah ada yang memulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Sebagian lainnya tampaknya akan memulai Ramadhan pada Ahad (29/61.
Lalu, apa hubungan dari ketiga hal tersebut di atas? Secara khusus memang tidak ada, tapi satu hal yang bisa diambil benang merah adalah kejujuran. Perebutan mahkota juara, Piala Dunia, pelaksanaan pilpres, dan menjalankan ibadah Ramadhan, semuanya harus dijalankan dengan penuh kejujuran. Tak boleh ada kebohongan.
Jika dalam pelaksanaan ketiga hal itu dilakukan dengan cara yang tidak fair (jujur), hasilnya pun akan sia-sia dan percuma. Percuma memenangi trofi Piata Dunia, tapi caranya dengan penuh kecurangan. Percuma menang pitpres jika hal itu diraih dengan menipu atau mencurangi pihak lain. Percuma menjalankan ibadah puasa dengan rasa lapar dan haus, tapi kita melakukan caci-maki dan menipu orang lain.
Pada pertandingan Piala Dunia yang mempertemukan Italia versus Uruguay yang dihelat di Stadion Recife, Brasil, Setasa (24/6) malam WIB, kejadian yang tidak fair ditunjukkan oleh striker Uruguay Luis Suarez. Pada pertandingan ini, penyerang yang bermain di Liverpool itu tertangkap kamera menggigit pundak pemain bertahan Italia, Giorgio Chiellini.
Soal gigit-menggigit ini, seolah sudah menjadi kebiasaan Suarez. Sebab, gigitan dia kepada Chiellini merupakan kali ketiga, setelah sebelumnya melakukan hal serupa kepada Branistav Ivanovic (Chelsea) di Liga Primer Inggris pada April 2013, dan pada 2010 kata klub yang dibelanya, Ajax Amsterdam, melawan PSV Eindhoven di Eredivisie (Belanda). Saat itu, Suarez menggigit bahu gelandang PSV, Otman Bakkal.
Pada perhelatan Piala Dunia 2010 yang dihelat di Afrika Setatan, Luis Suarez juga melakukan aksi tak terpuji pada mayoritas penduduk dunia, terutama Ghana. Akan tetapi, aksinya itu menjadikan ia sebagai pahlawan Uruguay.
Kala itu, Suarez dengan sengaja menghalau tendangan pemain Ghana, Dominic Adiyah, dengan tangannya. Bola yang sudah bisa dipastikan 100 persen akan gol itu menjadi gagal akibat aksinya. la pun kemudian diganjar dengan kartu merah dan berbuah tendangan penalti bagi Ghana.
Dan, pengorbanannya itu membuahkan hasil. Sebab, Asamoah Gyan yang ditunjuk menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Kegagalan menyarangkan gol tambahan membuat pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti. Dari adu penalti itu, Uruguay berhasil lolos ke babak semifinal.
Datam pilpres dan Ramadhan pun demikian. Walaupun seseorang memenangkannya, bila caranya diraih dengan upaya menghalalkan segala cara, hasilnya akan sia-sia. la dikatakan baik hanya di hadapan pendukungnya, tapi tidak di mata pihak lain.
Kampanye hitam yang kerap disuarakan merupakan sikap tak terpuji. Sebab, hal itu merupakan sebuah bentuk ketakutan dan kekhawatiran akan kekalahan. la takut bila pasangan lain menang sehingga demi memutuskan akal busuknya, cara kotor pun dilakukan.
Di sinilah pentingnya mengutamakan kejujuran. Dalam sepak bola, slogan fair playse lalu didengung-dengungkan. Dan bila ada pihak yang berbuat tidak baik, jangan pernah berharap mendapat predikat klub atau kesebelasan yang paling jujur (fair play).
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s