Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Kompas » Beragam Strategi untuk Menang

Beragam Strategi untuk Menang


Kompas 1 Juli 2014 Page 2 oleh IAM/RYO/DKK

Capres dan Cawapres Gaet “Undecided Voters”
JAKARTA, KOMPAS — Delapan hari menjelang pemilu presiden dan wakil presiden, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla, serta tim pemenangnya, menyusun beragam strategi untuk meraih kemenangan. Mereka, antara lain, menggaet pemilih yang belum menentukan pilihan.
Juru Bicara Tim Pemenangan Prabowo-Hatta Bara Hasibuan, di Jakarta, Senin (30/6), mengatakan, momentum meningkatnya elektabilitas Prabowo-Hatta berdasarkan sejumlah hasil survei akan dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan beragam strategi.
Strategi itu di antaranya hingga batas akhir kampanye pada 5 Juli mendatang, Prabowo-Hatta akan lebih intensif kampanye di Jawa. Pertimbangannya, jumlah pemilih di Jawa tercatat terbesar. “Jawa merupakan medan pertarungan terberat. Memenangi suara di Jawa berarti akan memenangi pertarungan,” kata dia.
Sebaliknya, kampanye di luar Jawa tak lagi seintensif sebelumnya. Hal ini disebabkan sejumlah daerah pernah dikunjungi Prabowo-Hatta. “Hanya Papua dan Maluku yang belum dikunjungi,” tambah Bara. Meski demikian, di luar Jawa, Prabowo-Hatta yakin bisa meraih suara.
Selain terus berkampanye, Prabowo-Hatta akan mengintensifkan kampanye lewat iklan. “Prabowo-Hatta juga akan fokus untuk debat capres-cawapres pada 5 Juli. Sebab, kami yakin debat ikut berkontribusi meningkatkan elektabilitas, terutama pemilih mengambang, untuk memilih Prabowo-Hatta,” katanya.
Wakil Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta Moekhlas Sidik menambahkan, calon anggota legislatif terpilih dari enam partai politik pendukung diminta aktif berkampanye. Mesin penggerak dari enam parpol koalisi, yaitu Golkar, Partai Demokrat, PKS, PPP, Partai Bulan Bintang, dan PAN, juga diminta bekerja maksimal.
Adapun menjelang pilpres, sebanyak 684.599 kader PKS disiapkan mengawal dan mengamankan suara Prabowo-Hatta. “Jumlah koordinator saksi plus saksi yang dibutuhkan sudah kami siapkan,” kata Ketua DPP PKS Jazuli Juwaini.
Fokus di Jabar dan Banten
Tim Sukses Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla akan memfokuskan kampanye di daerah pemilihan dengan prediksi suara yang rendah. Adapun daerah pemilihan yang sudah digenggam koalisi PDI-P bersama Nasdem, PKB, Hanura, dan PKPI ditargetkan meraih suara dengan selisih di atas 10 persen. “Seminggu terakhir, kami coba genjot suara di Jabar dan Banten,” kata anggota tim sukses Jokowi-JK, Eva K Sundari.
Eva mengingatkan, betapa perjuangan Jokowi-JK di Jabar dan Banten tidak mudah meskipun PDI-P merupakan parpol yang memenangi pemilu legislatif di Jabar dengan capaian 19;63 persen suara. “PDI-P akan coba fokus pada undecided voters, yakni masyarakat yang belum menentukan pilihan. Di Jawa Timur, misalnya, PDI-P akan fokus menggarap mereka yang belum memilih, sedangkan PKB fokus menggarap pemilih di pesantren,” ujarnya. Dari survei Lit- bang Kompas, baru-baru ini, undecided voters tercatat masih 22,4 persen.
Kader PKB, Nusron Wahid, yang merupakan peraih suara tertinggi dari Partai Golkar pada Pemilu Legislatif 2014 mengatakan, basis pemilih yang belum disentuh justru kaum perempuan. Namun, Nusron menolak membeberkan strategi pemenangan Pilpres 2014. Nusron juga menampik mengungkapkan wilayah yang dibidik untuk pemenangan Jokowi-JK.
Soal suara kiai, yang diklaim mendukung Prabowo-Hatta, Nusron mengatakan, sudah dapat terpetakan. “Yang ikut Prabowo-Hatta, ya, yang itu-itu saja, sedangkan yang mengikuti kami (Jokowi-JK), ya, yang sudah ma- pan,” kata Nusron.
Anggota Tim Sukses Nasional Pasangan Capres-Cawapres Jokowi-JK, Ahmad Basarah dan Abdul Kadir Karding, mengatakan, dalam sisa waktu, mesin partai koalisi pendukung Jokowi-JK bekerja keras menggalang suara akar rumput.
Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa Hanif Dhakiri mengatakan, dalam seminggu terakhir, partainya fokus mempersiapkan pengawalan suara. Para saksi kembali akan disiapkan menghadapi kemungkinan seperti Pemilu Legislatif 9 April. Adapun Maruarar Sirait, anggota tim pemenangan lainnya, mengatakan, mesin partai dan relawan Jokowi-JK punya jaringan dan berbagai kegiatan yang menumbuhkan sikap loyal pemilih. (IAM/RYO/OSA/APA/NTA/A14)
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s