Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Indopos » Jokowi Perlu Energi Positif

Jokowi Perlu Energi Positif


Indopos 5 Juli 2014 Page 2 oleh jpnn
Agar Bisa Hadang Tren Prabowo
JAKARTA-Keunggulan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa diyakini akan terus berlangsung hingga pemilu presiden nanti. Pasalnya, elektabilitas pasangan nomor urut satu itu terus saja menanjak.
“Saya meyakini cross antara Prabowo dengan Joko Widodo sudah terjadi dan Prabowo akan terus mengalami kenaikan elektabilitas” kata pengamat politik Universitas Brawijaya (UB) Malang, Khairul Muluksaat dihubungi, Jumat (4/7).
Cross yang dimaksud adalah Prabowo yang sebelumnya elektabilitasnya berada di bawah Jokowi, kini lebih unggul. Menurut Khairul, agak sulit bagi Jokowi untuk menaikkan elektabilitasnya lagi.
“Jokowi perlu energi sangatbesar untukmenahan tren positif Prabowo, kemudian membalik arah tren itu agar Jokowi kembali positW’ jelasnya.
Menurut Khairul, masyarakat Indonesia punya kebiasaan untuk memilih calon yang punya kans besar untuk menang. Kendati dia talc menampik bahwa masing-masing capres punya pemilih fanatik.
Elektabilitas Prabowo naik pesat sejak beberapa partai memutuskan masuk ke koalisi Merah Putih yang terdiri dari Gerindra, PAN, Golkar, PPP, Gerindra, PKS, dan terakhir Demokrat. “Mesin partai bekerja dengan baik sehingga dapat mendongkrak elektabilitas, termasuk pengelolaan isu,” katanya.
Meski sudah mengalami cross dan Prabowo terus menanjak, selisih elektabilitas keduanya masih sangat tipis. Khairul pun mewanti-wanti harus hat-hat karena beberapa survei mengatakan bahwa swing voters berkisar antara 10 persen. “Sepuluh persen itu jadi penting dan hams digarap masing-masing pihalc,” sambungnya.
Isu yang berkembang, pengaruh tokoh tradisional dan terpaan media akan mempengaruhi swing voters.
Sementara itu, di akhir-akhir masa kampanye, dukungan masih saja terus mengalir kepada pasangan Prabowo-Hatta di berbagai daerah. Seperti kemarin, sebanyak 80 ulama se-Kabupaten Sumenep, Jatim, menyatakan dukungannya pada pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada Pemilihaan Presiden 2014.
Hal tersebut mereka sampaikan Secara langsung saat bersilaturrahim dengan Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Mahfud, MD di Guluk-Guluk Sumenep, Jumat (4/7).
Tuan rumah pertemuan silaturrahmi itu, KH Ramdhan Siradj mengaku senang mendengar pernyataan Mahfud MD, bahwa Prabowo telah berjanji akan melibatkan NU dalam berbagai persoalan penting di negeri ini.
“Semoga harapan-harapan ldta para ulama di sini merupakan doa bagi Prabowo, agar Allah merestuinya menjadi presiden” ujar Kiai Ramadhan yang juga mantan Bupati Sumenep, dalam pesan elektronik yang diterima JPNN (grup Indopos). Sebelum menemui para ulama yang telah menunggu, Mahfud terlebih dahulu menemui pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk, Sumenep, Kiai Bashir. Mereka berkesempatan melalcukan doa bersama untuk kebangkitan Indonesia. (jpnn)
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s