Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Media Indonesia » Jokowi-JK Unggul Mutlak di Luar Negeri

Jokowi-JK Unggul Mutlak di Luar Negeri


Media Indonesia 11 Juli 2014 Page 4 oleh Achmad Maulana
Antusiasme warga negara Indonesia di luar negeri untuk menggunakan hak pilih dalam pemilihan presiden dan wakil presiden kali ini luar biasa. Fenomena itu tidak pernah terjadi dalam pemilu-pemilu sebelumnya.
PASANGAN capres dan cawapres nomor urut 2 Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) memimpin perolehan suara di luar negeri seperti di London dan sejumlah kota dan negara Eropa seperti Belanda, Brussels, dan Wina.
Di Belanda, Jokowi-JK memperoleh 1.927 suara atau 82,8%. Sementara itu, pasangan nomor urut 1 Prabowo-Hatta mendapatkan 401 suara atau 17,2%. Demikian penjelasan Sekretaris I Pensosbud Danang Waskito kepada Antara di London, Rabu (9/7).
Selanjutnya, dari 1.135 pemilih yang datang ke tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) di London pada 5 Juli lalu, Jokowi-JK meraih 852 suara dan Prabowo-Hatta 276 suara, sedangkan tujuh suara lainnya dinyatakan tidak sah. Penjelasan itu disampaikan Pensosbud KBRI London Heni Hamida.
Menurut Danang, antusiasme pemilih dalam pilpres kali ini naik dua kali lipat atau lebih dari 114% jika dibandingkan dengan jumlah pemilih pada Pileg 9 April 2014.
Pada pileg lalu, kata Danang, dari 1.092 pemilih melonjak menjadi 2.342 pemilih. Dari jumlah itu, suara sah mencapai 2.328 suara dan 14 surat suara tidak sah.
Selain itu, proses penghitungan suara di TPS Den Haag, Belanda, dilaporkan berlangsung secara demokratis, aman, dan lancar. Kegiatan pencoblosan di kota itu berlangsung pada 9 Juli di Ruang Nusantara, KBRI Den Haag, pukul 11.0015.00 waktu setempat dengan dihadiri Dubes RI Den Haag, Retno LP Marsudi.
Lebih lanjut, Heni Hamida menjelaskan, rekapitulasi hasil perolehan suara yang dikirim melalui pos akan dilakukan pada Senin (14/7). Jumlah pemilih di Inggris Raya dan Irlandia yang menyalurkan suara melalui pos lebih banyak daripada yang datang langsung ke TPSLN.
Hasil penghitungan suara pada 14 Juli tersebut, kata dia, akan sangat menentukan perolehan suara setiap pasangan capres-cawapres.
Sementara itu, di TPSLN Wina, pasangan. Jakowi-JK meraih 173 suara dan Prabowo-Hatta mendapat 45 suara.
Konsuler KBRI Brussels Riaz JP Saehu mengatakan hujan yang mengguyur Kota Brussels sejak pagi hingga sore hari tidak mengurungkan niat masyarakat Indonesia untuk mengikuti dan menyaksikan proses pemungutan dan penghitungan suara.
Di kota itu, pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 23,30%, sedangkan Jokowi-JK meraih 76,70%. PPLN Brussels masih akan menunggu suara yang masuk melalui pos hingga 12 Juli 2014, dan penghitungan final akan dilakukan pada 13 Juli 2014.
Unggul di Brasil
Pasangan Jokowi-JK juga mengungguli duet PrabowoHatta di Brasil. Berdasarkan hasil penghitungan suara sementara, Jokowi-JK mendapat 33 suara, sedangkan PrabowoHatta meraih 8 suara.
“Ini baru hasil sementara,” kata Ketua PPLN Brasil Mochammad Rizki Safary.
Selain di Brasil, Jokowi-JK juga unggul tipis di Jeddah. Di kota itu, Jokowi-JK mendapat 3.967 suara dan PrabowoHatta meraih 3.700 suara.
Pasangan nomor urut 2 itu juga menang besar di Washington dengan meraih 581 suara (72%), sedangkan pasangan Prabowo-Hatta hanya memperoleh 218 suara (27%). (Nov/Ant/P-3)
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s