Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » Dunia Beri Selamat Jokowi

Dunia Beri Selamat Jokowi

Republika 24 Juli 2014 Frontpage oleh Ani Nursalikah, Halimatus Sa’diyah

Jokowi menghiasi pemberitaan media-media internasional.

JAKARTA — Para pemimpin dunia menyampaikan ucapan selamat kepada Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden terpilih pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014. Ucapan selamat datang dari pemimpin negara adikuasa, Eropa, Asia, dan negara-negara tetangga Indonesia.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama secara khusus mengucapkan selamat langsung melalui sambungan telepon kepada Jokowi. “Presiden Obama telepon pukul 11.00 WIB tadi,” kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Rabu (23/7). Setelah ditetapkan sebagai presiden terpilih oleh KPU pada Selasa (22/7) malam, Jokowi kembali menjalankan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta, kemarin.

Jokowi melanjutkan, selain menyampaikan ucapan selamat, Obama juga menyampaikan harapannya pada hubungan antardua negara. Dalam perbincangan, Jokowi dan Obama pun berjanji untuk berbincang lebih banyak saat pertemuan di Cina pada November mendatang. Pada November, Cina akan menggelar Asia-Pasific Economic Cooperation (APEC). Rencananya, acara bakal dihadiri sejumlah kepala negara, termasuk Obama.

Sebelum ditelepon Obama, Jokowi juga mendapat telepon dari Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Perdana Menteri Australia Tony Abbott. Keduanya menelepon untuk memberikan ucapan selamat kepada Jokowi. Di Sydney, seperti dilansir dari Channel News Asia, Abbott menyatakan, hubungan dengan Indonesia sangat penting bagi Australia.

Presiden Komisi Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam, dan ASEAN Jose Manuel Durao Barroso tidak ketinggalan menyampaikan selamat kepada Jokowi. Dalam salinan ucapan selamat secara tertulis yang juga diterima Republika, Barroso berharap Jokowi bisa lebih memperkuat kerja sama Uni Eropa dan Indonesia pada tahun-tahun mendatang.

Di Beijing, juru bicara Menteri Luar Negeri Cina Hong Lei mengatakan, Cina menantikan upaya kerja sama dengan Jokowi sebagai pemimpin barru Indonesia. Menurut Lei, seperti dilansir Xinhua, hubungan bilateral Indonesia dan Cina saat ini merupakan hubungan terbaik dalam sejarah.

Sepanjang Rabu (23/7), Jokowi juga mendapatkan ucapan selamat dari Menteri Luar Negeri Selandia Baru Murray McCully, Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond, clan Menteri Luar Negeri AS John Kerry.

Secara khusus, Kerry menyelipkan rasa salutnya kepada rakyat Indonesia yang bisa kembali bersatu memperlihatkan komitmen bersama dalam proses demokrasi melalui pemilu yang bebas dan adil. “Sebagai negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga, Amerika Serikat dan Indonesia telah memberikan contoh kepada dunia.”

Juru bicara pasangan Jokowi Jusuf Kalla, Anies Baswedan, menerangkan, sebelum mendapatkan parade ucapan selamat dari para pemimpin dunia, Jokowi telah lebih dulu mendapatkan ucapan selamat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono pada Selasa (22/7) malam.

Terpilihnya Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia untuk masa bakti 2014-2019 menjadi perhatian media massa di luar negeri. New York Times menyajikan tulisan khusus berita terpilihnya Jokowi di halaman muka surat kabar mereka. Bahkan, Financial Times menjadikan foto Jokowi saat menyampaikan pidato kemenangamiya di Pelabuhan Sunda Kelapa sebagai foto utama.

Di Timur Tengah, Jokowi hadir dalam beragam judul berita. Surat kabar yang tersebar luas dan berpengaruh di Timteng, Al Hayat, dalam edisi cetak pada Rabu (23/7) memberi judul dalam rubrik internasional “Penguasa Jakarta Jadi Presiden RI”. Ragam berita Jokowi lainnya juga termaktub dalam surat kabar Al Sharq, Al Ahram, Akhbar Al Arab, Al Yaoum, Al Balad, Al Anba, dan Al Masai.

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s