Home » PAGE 5.2 - International News » Israel-Palestine » Israel Lakukan Kejahatan Perang

Israel Lakukan Kejahatan Perang

123

Konflik Palestina-Israel berisiko mendorong pergumulan pengaruh antarpihak negara Arab. Kini, negara-negara Arab terbagi ke dua kubu, konservatif dan moderat.

SETELAH hampir empat pekan militer Israel membombardir Jalur Gaza, Palestina, masyarakat internasional melakukan manuver diplomasi untuk menghentikan pertumpahan darah. Komisioner tinggi Dewan HAM PBB Navi Pillay, kemarin, mengutuk kekerasan semena-mena di kawasan Gaza dan perbatasan Israel. Pillay mendesak penyelidikan secara independen atas setiap serangan yang menyasar properti sipil dan menimbulkan korban sipil.

“Ada dugaan kuat hukum kemanusiaan internasional telah dilanggar dengan kategori kejahatan perang,” kata Pillay.

Kemarin pagi waktu setempat, Presiden Palestina Mahmoud Abbas berdiskusi dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengenai upaya gencatan senjata untuk mengakhiri kekerasan berdarah di Gaza. Sehari sebelumnya, Abbas menuding serangan Israel bertujuan merusak rekonsiliasi nasional antara Fatah dan Hamas.

Juru bicara badan PBB untuk urusan pengungsi Palestina (UNRWA) Chris Gunnes menyesalkan memburuknya situasi setelah tank Israeli Defense Forces (IDF) menembak sekolah putri yang menjadi kamp bagi sekitar 300 pengungsi di Gaza. Bahkan, staf PBB yang dating ke lokasi itu untuk memeriksa pun leraneain bahaya karena tank Israel melepaskan tembakan. “IDF memiliki kooril (PS dari sekolah anak-anak yang jelas-jelas ditandai bendera PBB,” sesal Gunnes.

Korban akibat kekerasan di kawasan Gaza sejak lebih dari dua pekan lalu mencapai 657 warga Palestina tewas dan 4.120 lain terluka. Kementerian Kesehatan di Gaza menyatakan sekitar 80% dari korban merupakan warga sipil. Sekitar 18 warga di antaranya tewas sampai berita ini ditulis, kemarin. Di pihak Israel ada 29 tentara dan 2 warga sipil tewas akibat serangan misil Hamas dari Gaza.

Seusai bertemu Presiden Israel Shimon Peres di Jerusalem, kemarin, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menegaskan is tidak dapat diam melihat tragedi itu. “Saya berduka atas banyaknya nyawa tak bersalah hilang di Gaza. Kekerasan harus dihentikan sekarang. Dialog harus dimulai. Itu yang saya lakukan sekarang.”

Persoalan regional
Di sisi lain, konflik Palestina-Israel juga berisiko mendorong pergumulan pengaruh antarpihak negara Arab. Negara-negara Arab terbagi dalam dua kubu yang konservatif dan moderat.

“Gaza bertibah sangat tiba-tiba menjadi teater dengan pertunjukan baru dunia Arab,” ujar pengamat timur tengah yang berbasis di Ingris, Ghanem Nuseibeh. “Gaza menjadi ujian pertama bagi aliansi barn ini dan ini telah memengaruhi upaya gencatan senjata di sana.”

Nuseibeh merujuk Turki, Qatar, Sudan, dan Iran yang mendukung Hamas. Negara yang kontra seperti Mesir, Yordania, Kuwait, Ind lanirid Aral, MLA), dan Arab Saudi yang deka t dengan Amerika Serikat. AS selama ini dikenal sebagai sekutu Israel.

Ilmuwan politik UEA Abdulkhaleq Abdullah mengatakan mediasi di Gaza diintervensi kepentingan politik regional. Qatar tidak senang dengan gencatan senjata yang diajukan Mesir. Seorang pejabat senior di Mesir membenarkan itu. Pertarungan di Gaza menjadi perebutan pengaruh kawasan. (Reuters/AP/AL Jazeera/CNN/I-4) dika@mediaindoneisa.com

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s