Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Media Indonesia » Kabinet Jokowi Mulai Disusun

Kabinet Jokowi Mulai Disusun

Media Indonesia 24 Juli 2014 Page 4 oleh Sri Utami

Pengisian kabinet merupakan ujian pertama buat Jokowi-JK untuk membuktikan niat mereka menyejahterakan rakyat Indonesia. Harus profesional, bukan transaksional.

SEJUMLAH LSM meminta Joko Widodo Jusuf Kalla (Jokowi-JK) selaku presidenwapres terpilih untuk segera mengumumkan nama-nama calon anggota kabinet agar publik punya cukup waktu menguji rekam jejak para kandidat tersebut.

“Jokowi harus bisa mengumumkan bayangan seperti apa kabinetnya nanti agar publik punya waktu untuk menguji,” kata Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Abetnego Tarigan dalam konferensi pers pernyataan sikap bersama LSM di Kantor Kontras, Jakarta, kemarin.

Abetnego juga minta Jokowi untuk kembali menjelaskan program isu HAM, pemberantasan korupsi, pengelolaan sumber daya alam (SDA), dan lain-lain.

Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Harris Azhar juga senada dengan Abetnego. Harris meminta Jokowi melakukan konsultasi nama-nama calon kabinetnya kepada publik.

“Kami menolak kabinet perluasan seperti wantimpres, komisaris BUMN, dan pimpinan lembaga tinggi lain diisi pelanggar HAM, perusak lingkungan, dan koruptor,” ujar dia.

Di tempat berbeda, Wakil Ketua Komist Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan Jokowi-JK untuk hati-hati dalam pengisian kabinetnya agar tidak diisi orang yang korup.

“Situasi saat ini krisis konstitusi. Hindari pemilihan kabinet dari politisi busuk, birokrat bermasalah, dan pebisnis gelap.

Kabinet profesional
Joko Widodo sendiri mengaku bersama Jusuf Kalla sudah membahas susunan kabinet dengan para ketua umum partai pengusung mereka. Namur, pembahasan masih seputar konsep kabinet ramping, belum sampai pada penentuan orang-orangnya.

“Masih seputar persiapan kabinetnya seperti apa. Itu pun belum detail dan makro,” ujar Jokowi, kemarin.

Sementara itu, wakil presiden terpilih, Jusuf Kalla, memastikan pemerintahannya nanti akan menempatkan kalangan profesional dalam kabinetnya.

“Kami pasti menyusun orang-orang yang pintar dan bersih, dengan catatan bukan berarti orang partai tidak profesional,” ujarnya.

Dia menambahkan, is yang juga sebagai pengusaha tidak terpengaruh dengan jabatannya sebagai pejabat negara selama ahli di bidangnya.

“Saya juga pengusaha, apa yang salah? Saya tabu masalahnya, saya selesaikan masalah itu. Tidak ada pembatasan soal background, tapi yang sangat penting itu ahli dan bersih,” kata Kalla.

Seusai KPU menetapkan pemenang Pilpres 2014 pada Selasa (22/7) lalu, berbagai komponen masyarakat menyampaikan ucapan selamat Jokowi-JK. Spanduk-spanduk bertebaran di berbagai kota yang berisi ucapan selamat dan harapan buat mereka.

(Ant/SU/P-1) polycarpus @mediaindonesia.com

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s