Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Koran Tempo » Partai Utama Pro-Prabowo Akui Kemenangan Jokowi

Partai Utama Pro-Prabowo Akui Kemenangan Jokowi

“Presiden sudah mengucapkan selamat kepada Jokowi.”

JAKARTA — Partai utama di Koalisi Merah Putih pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mengakui kemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam pemilihan presiden. Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Suharso Monoarfa, mengaku sudah menerima pernyataan dari 18 pengurus wilayah yang mendesak partainya untuk mendukung kemenangan Jokowi-Kalla.

Menurut Suharso, pengurus daerah yang secara terbuka mendukung Jokowi antara lain Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Gorontalo. Pengurus daerah ini, menurut Suharso, termasuk pihak yang tak sepakat bila partai pimpinan Suryadharma Ali itu ikut menggugat hasil pemilihan presiden yang diajukan kubu Prabowo-Hatta ke Mahkamah Konstitusi.

Suharso mengatakan, sikap mayoritas penguins wilayah itu sejalan dengan hasil Musyawarah Kerja Nasional PPP di Bandung, awal Februari lalu. Dukungan itu, katanya, akan diformalkan dalam bentuk keputusan partai melalui pleno dan rapat pimpinan nasional. “Dukungan ke Jokowi gagasannya sudah lama, hanya keputusan berkoalisi ke Prabowo yang berbeda,” kata Suharso di Jakarta kemarin.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono juga meminta partai berlambang pohon beringin ini menerima hasil rekapitulasi pemungutan suara oleh Komisi Pemilihan Umum. Ia menilai Golkar hams legowo untuk segera menyampaikan ucapan selamat kepada JokowiKalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. “Terserah, saya tak bisa memaksakan,” katanya.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin mengakui legitimasi kemenangan Jokowi-Kalla. Namun sikap Demokrat menunggu arahan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono. “SBY sebagai presiden sudah mengucapkan selamat kepada Jokowi. Kami menunggu sikap SBY sebagai ketua umum,” ujar Amir.

PPP, Golkar, dan Demokrat adalah tiga partai utama pendukung Prabowo-Hatta. Dalam pemilihan umum legislatif 9 April lalu, gabungan tiga partai ini menguasai 191 kursi, yakni Golkar 91 kursi, Demokrat 61 kursi, dan PPP 39 kursi. Tiga anggota Koalisi Merah Putih lainnya menguasai 153 kursi, yakni Partai Gerindra 73 kursi, Partai Keadilan Sejahtera 40 kursi, dan Partai Amanat Nasional 40 kursi.

Politikus PKS, Hidayat Nur Wahid, menyatakan partainya tetap setia kepada koalisi. Sebab, keputusan bergabung dengan koalisi merupakan kebijakan Partai yang disetujui Majelis Suryo PKS, yang otomatis berlaku bagi semua anggota. “Kami sudah mantap dengan keputusan politik ini.”

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s