Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » Pemerintahan SBY Siap Bertemu Jokowi

Pemerintahan SBY Siap Bertemu Jokowi

Akademisi Yogyakarta menamai pemerintahan Jokowi orde kemandirian.

JAKARTA — Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka ruang diskusi, khususnya dalam bidang ekonomi, dengan cikal bakal pemerintahan Presiden Terpilih Joko Widodo. Namun, diskusi baru akan dilaksanakan jika Jokowi (sapaan akrab Joko Widodo) bersama pasangannya, Jusuf Kalla, telah secara resmi ditetapkan sebagai pemenang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung menyatakan, sesuai petunjuk Presiden SBY, pemerintah akan lebih dulu menunggu penetapan yang resmi sebelum menyusun agenda pertemuan dengan Jokowi dan JK yang sudah ditetapkan KPU sebagai pemenang Pilpres 2014.
“Artinya, kalau tidak menggugat ke MK, berarti resmi. Kalau (Prabowo-Hatta) gugat, berarti setelah 21 Agustus. Kalau mereka meminta pertemuan, tentu saya harus minta izin Pak SBY untuk lakukan konsultasi. Kalau sudah resmi, memungkinkan bertemu. Pak SBY kan ingin ada kesinambungan pemerintahan,” kata Chairul saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/7).
Menurut Chairul, terdapat segudang pekerjaan rumah yang harus dituntaskan pemerintahan Jokowi-JK. Pertama, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dia menjelaskan, APBN 2015 merupakan APBN transisi yang disiapkan oleh pemerintahan saat ini. Namun, eksekusinya dijalankan oleh pemerintahan Jokowi-JK. “Itu tentu akan baik kalau seandainya nanti dalam masa transisi ini ada understanding kan.”
Jokowi yang kemarin mulai berkantor di Balai Kota, Jakarta, mengatakan, sebelum pindah ke Istana Negara, dia akan memiliki kantor khusus. Kantor itu berfungsi sebagai kantor transisi sebelum Jokowi resmi dilantik sebagai presiden ke-7 RI.
Namun, Jokowi yang kini kembali aktif kembali menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta belum mau membocorkan di mana lokasi kantor transisinya tersebut. Hanya saja, dia menegaskan, kantor transisi akan digunakan untuk menyusun kabinet baru. “Proses memilih menteri sudah berjalan mulai hari ini,” ujar Jokowi seraya menyatakan dia akan akan mengajukan surat pengunduran diri sebagai Gubernur DKI usai perayaan
Idul Fitri 2014.
Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, mulai Rabu (23/7), Jokowi kembali bertugas sebagai gubernur setelah masa cutinya berakhir saat penetapan pemenang Pilpres 2014 oleh KPU. Jokowi-Jusuf Kalla sudah ditetapkan KPU sebagai pemenang Pilpres 2014 pada Selasa (22/7). Jokowi-JK mengalahkan pasangan Prabowo-Hatta dengan perolehan suara 70,9 juta (53,15 persen) berbanding 62,5 juta (46,85 persen).
Di Yogyakarta, sejumlah akademisi yang tergabung dalam Forum Ilmuwan Jogjakarta menamai era pemerintahan presiden terpilih Jokowi dengan sebutan orde kemandirian. Pernyataan itu disampaikan sejumlah akademisi yang terdiri atas dosen, dekan, serta rektor dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Negeri Yogyakarta ,(UNY), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Janabadra, serta UIN Yogyakarta dalam Jumpa Pers di Universitas Janabadra, Rabu (23/7).
Akademisi dari UNY, Profesor Wuryadi, mengatakan, orde kemandirian terlihat dari gejala baru dalam pilpres, yakni tingginya keikutsertaan masyarakat secara mandiri dan sukarela mengusung kemenangan pasangan Jokowi-JK. antara ed: eh ismail

Republika 24 Juli 2014 Page 9 oleh Muhammad lqbal, Halimatus Sa’diyah.
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s