Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Koran Tempo » Israel Terus Bombardir Gaza

Israel Terus Bombardir Gaza

GAZA — Tank-tank dan pesawat tempur Israel terus membombardir Jalur Gaza sepanjang kemarin. Usaha untuk mencapai gencatan senjata antara Israel dan kelompok Hamas di Jalur Gaza, Palestina, gagal.

Dalam serangan yang sudah memasuki hari ke-17, kemarin, Israel memporakporandakan Gaza. Minter Israel mengumumkan berhasil menghancurkan 35 target yang menewaskan 23 orang. Total korban di pihak Palestina mencapai 736 orang, sebagian besar warga sipil. “Israel kehilangan 35 orang, terdiri atas 32 tentara dan dua sipil,” demikian ditulis di laman harian Haaretz. Seorang warga sipil lainnya adalah warga Thailand yang bekerja di Israel.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan enam orang yang terdiri atas satu keluarga, termasuk bayi 18 bulan, tewas ketika roket Israel menghantam kamp pengungsi Jabaliya. Serangan lain yang menghajar perumahan di Abassan, KhanYounis, menewaskan tujuh orang.

“Lima orang dari keluarga Abu Daqqa tewas dan dua orang dari keluarga Najjar tewas akibat gempuran hebat tank-tank dan pesawat-pesawat di sebelah timur Khan Youths,” kata juru bicara dinas urusan darurat Gaza, Ashraf al-Qudra.

Menurut Qudra, jasad para korban ditemukan hancur, bahkan salah satu jasad benar-benar hangus terbakar. Akibatnya, jasadjasad tersebut sangat sulit dikenali.

Lebih dari 2.000 roket sudah clitembakkan Israel sejak operasi dimulai pada 8 Juli lalu. Perdana Menteri Israel mengatakan operasi akan terus dilakukan selama Hamas melakukan serangan.

“Kami memulai operasi ini untuk mengembalikan keamanan dan kedamaian bagi Israel. Kami akan mewujudkannya,” kata Netanyahu di Tel Aviv.

Usaha dunia internasional untuk mempertemukan kedua pihak dan melakukan gencatan senjata belum membuahkan hasil. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry kembali ke Kairo, Mesir, Rabu malam lalu, setelah melakukan kunjungan singkat ke Tel Aviv dan Otoritas Palestina. Pertemuannya dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Palestina Mahmud Abbas’ gagal menemukan titik temu.

Desakan agar Israel menghentikan serangan tidak diindahkan. Kepala Hak Asasi Manusia PBB Navi Pillay mengatakan serangan yang dilakukan Israel bisa mengarah ke kejahatan perang karena tidak mengindahkan korban warga sipil. • REUTERS I HAARETZ

Koran Tempo 25 Juli 2014 Page 29 oleh Raju Febrian

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s