Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Media Indonesia » UU MD3 Diduga Sarat Rekayasa

UU MD3 Diduga Sarat Rekayasa

UNDANG-UNDANG No 27/2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) yang revisinya telah disahkan oleh DPR 8 Juli lalu menuai protes dari PDIP karena dinilai tidak menghormati pemenang pemilu.

Kemarin PDIP mendaftarkan gugatannya ke Mahkamah Konstitusi (MK) karena bunyi Pasal 84 yang tidak lagi memberikan kursi pimpinan DPR kepada pemenang pemilu.

PDIP yang diwakili oleh Ketua DPP Bidang Hukum, Trimedya Panjaitan, mengatakan UU MD3 yang barn saja direvisi itu sama sekali tidak menghormati pemenang pemilu. Perumusan UU MD3 itu dinilainya sangat sarat muatan politis.

“Terutama yang menyangkut Pasal 84. Ini politis sekali. Dulu pada 2009, kita ingin mengikuti negara demokrasi yang sudah baik. Siapa yang pemenang pemilu, dialah, yang memimpin parlemen. Kok, sekarang diubah semau-maunya,” kata Trimedya.

Ia menjelaskan aturan itu sangat kental muatan politisnya karena disahkan setelah KPU menetapkan urutan partai pemenang pemilu legislatif.

“Di awal perumusan, pasal ini sebenarnya tidak ada,” j elas Trimedya.

Begitu pun dengan kuasa hukum dari pemohon, yakni Andi M Asrun, saat mendampingi pemohon mendaftarkan gugatan ke MK.

Asrun mengatakan, selain Pasal 84, Pasal 97, Pasal 104, Pasal 109, Pasal 115, Pasal 121, dan Pasal 152 UU MD3 juga bermasalah karena tidak ada dalam naskah akademik sejak awal, dan tiba-tiba muncul setelah pemilu.

Asrun menambahkan, MK juga sudah pernah menyidangkan kasus serupa yang berujung pada keluarnya putusan MK Nomor 21/PUUIX/2011 yang mengatakan pimpinan DPRD provinsi dan kabupaten/kota berasal dari pemenang pemilu. (AI/P-1)

Media Indonesia 25 Juli 2014 Page 4 oleh A1/P-1
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s