Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Awaloedin Meluruskan Suhardiman

Awaloedin Meluruskan Suhardiman

SEBENARNYA saya tidak mau menanggapi ucapan Saudara Suhardiman di media massa yang mengaku sebagai satu satunya pendiri Golkar yang masih hidup. Karena berita tersebut beberapa kali ditulis, saya merasa perlu memberi pembetulan sebagai berikut.

1. Pendirian Sekber Golkar secara resmi pada 20 Oktobk. 1964 pukul 00.00 WIB di Front Nasional. Pada kesempatan itu, hadir sekitar 30 orang yang menandatangani pendirian Sekber Golkar dalam acara yang cukup hikmat. Di dalam ruangan, semua lampu dipadamkan dan hanya diterangi sebatang lilin. Para pendiri Sekber Golkar bergantian menandatangani.

2. Saya yang waktu itu menjabat Direktur Kekayaan Polri (yang pertama) dengan pangkat letnan kolonel polisi (AKBP) ditugaskan menjadi anggota MPRS, anggota DPR-GR, anggota Musyawarah Pembangunan Nasional (Mupenas), juga ditugaskan sebagai wakil Polri di Front Nasional. Dalam tugas di Front Nasional, saya ikut menghadiri beberapa rapat pembentukan Sekber Golkar, termasuk pertemuan dengan Menteri/Panglima Angkatan Darat Jenderal Ahmad Yani.

3. Dalam upacara penandatanganan Sekber Golkar tersebut, saya menandatangani sebagai wakil Polri. Yang saya ingat ketika itu, hadir para penanda tangan, antara lain Sudharmono (alm) yang mewakili Persahi, Radius Prawiro (alm) mewakili Sarjana Kristen, Agus Sudono (alm) mewakili Gasbiindo. Saya tidak ingat apakah Saudara Suhardiman ikut hadir sebagai penanda tangan.

4. Pendiri Sekber Golkar 20 Oktober 1964 tidak sama dengan pengurus pertama Sekber Golkar. Polri menunjuk Kolonel Drs Purwoto sebagai anggota pengurus pertama Sekber Golkar, dan saya tetap sebagai wakil Polri di Front Nasional.

5. Jadi, bila Saudara Suhardiman ikut menandatangani pendirian Sekber Golkar pada 20 Oktober 1964, jelas bukan dia satu-satunya yang masih hidup. Alhamdulillah, saya masih hidup. Demikian pembetulan ini. Terima kasih.

Awaloedin Djamin,
Jenderal Polisi (purnawirawan)

Media Indonesia 15 Agustus 2014 Page 13, Bedah Editorial Section Bottom Left

Darkwin Web's Official

