Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » KPU Lakukan Evaluasi Internal Usai Pilpres

KPU Lakukan Evaluasi Internal Usai Pilpres

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Komisi Pemilihan Umum melakukan evaluasi internal pasca-penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014, kata Ketua KPU RI Husni Kamil Manik.

“Untuk pelaksanaan Pileg dan Pilpres Tahun 2014, kami sudah menjadwalkan untuk melakukan evaluasi internal tahun ini. Kemudian juga akan dilampirkan Tahun Anggaran 2015,” katanya di Gedung KPU Pusat di Jakarta, Jumat.

Evaluasi tersebut dilakukan dengan melihat kembali sejumlah kekurangan yang terjadi selama pelaksanaan Pileg dan Pilpres dan menuangkannya dalam bentuk laporan untuk dipaparkan di hadapan Komisi II DPR RI.

KPU juga akan menyusun rencana evaluasi dengan melibatkan pihak ketiga guna melakukan penelitian terhadap pelaksanaan Pemilu 2014.

“Kami akan melibatkan lembaga ilmu pengetahuan seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan perguruan tinggi, untuk melakukan proses riset evaluasi,” lanjutnya.

Upaya menggandeng institusi akademis tersebut dimaksudkan agar didapatkan sejumlah temuan objektif sehingga kelak dapat dijadikan rekomendasi dan perbaikan dalam pelaksanaan Pemilu selanjutnya.

“Jadi untuk tahun 2015 kami akan melakukan evaluasi dengan model riset sehingga dengan demikian kami berharap akan ada temuan-temuan objektif yang bisa dijadkan rekomendasi perbaikan yang terukur,” jelas dia.

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s