Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » Menjelang Pelantikan, Anggota DPRD Ditangkap Polisi

Menjelang Pelantikan, Anggota DPRD Ditangkap Polisi

Golkar Jawa Tengah akan menyiapkan kuasa hukum.

SEMARANG — Legislator terpilih DPRD Jawa Tengah, Siti Ambar Fathonah, ditangkap polisi di rumahnya di Ungaran, Kabupaten Semarang, Senin malam lalu. Kader Partai Golkar ini ditangkap sepuluh hari menjelang pelantikannya. “Dia ditangkap dalam kasus penipuan,” kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Jawa rengah, Komisaris Besar Pilloysius Liliek, kemarin. ‘Yang menangani Mabes Polri. Kami hanya mendampingi.”
Menurut Liliek, setelah ditangkap, Ambar langsung dibawa ke Jakarta untuk ditahan di Mabes Polri. “Kasus ini langsung ditaagani Mabes Polri karena Laporan atas terjadinya penipuan dilaporkan di Mabes Polri,” ujar dia.
Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Inspektur Jenderal Ronny Sompie, mengatakan penyidikan kasus didasarkan pada laporan Firman Subagyo, 12 November 2013. Laporan bernomor 949/11/2013 itu menyebut adanya praktek penipuan yang dilakukan Suwarno Cokro Atmojo bersama dengan Ambar. Modusnya adalah meminjamkan uang dengan jaminan cek kosong. “Tersangka meminjam uang Rp 1 miliar kepada pelapor, tapi jaminannya cek bodong,” kata dia.
Atas laporan tersebut, kata Ronny, keduanya dijerat dengan pasal penipuan (pasal 378) dan/atau penggelapan (pasal 372) sebagaimana diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.
Direktur Tindak Pidana Umum Mabes Polri, Brigadir Jenderal Heri Prastowo, menjelaskan, berkas penyidikan dan alat bukti kasus itu saat ini sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat. “Berkasnya sudah P21 sejak 26 Agustus 2014,” kata dia.
Ambar adalah Wakil Bupati Kabupaten Semarang periode 2005- 2010. Ia ikut maju dalam pilkada Kabupaten Semarang beberapa tahun lalu, tapi kalah. Dia lantas maju sebagai calon legislator Partai Golkar di daerah pemilihan I Jawa Tengah dan meraih 30.273 suara.
Tempo berusaha meminta konfirmasi kepada Ambar dengan menghubungi nomor teleponnya. Tapi. hingga berita ini diturunkan, Ambar belum bisa dimintai konfirmasi soal kasus yang menjeratnya ini Wakil Ketua Partai Golkar Jawa Tengah Noor Ahmad mengatakan akan menyiapkan tim kuasa hukum bagi Ambar. “Kami juga tidak akan menggantinya, karena dia masih jadi tersangka,’ ujar dia.
Anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah Jawa Tengah, Wahyu Setiawan, mengatakan belum akan membahas kasus ini karena belum ada laporan soal pidana yang menjerat calon terpilih.
Apalagi, kata dia, tahapan pemilu hanya tinggal  menunggu pelantikan. “Bisa saja nantinya caleg itu diganti langsung atau melalui pergantian antarwaktu,” kata dia. 
Koran Tempo 28 Agustus 2014 Page 11 oleh Eko Ari Wibowo
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s