Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » Mahfud Suroso Disebut Ajari Anas Bicara "Gantung di Monas"

Mahfud Suroso Disebut Ajari Anas Bicara "Gantung di Monas"

JAKARTA, KOMPAS — Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (28/8), kembali melanjutkan sidang dugaan korupsi terkait pembangunan kompleks olahraga Hambalang dan proyek lainnya dengan terdakwa Anas Urbaningrum.

Agenda sidang masih mendengar keterangan saksi-saksi. Sejumlah saksi fakta yang hadir sejak Kamis siang hingga malam di antaranya mertua Anas, KH Attabik Ali, selain juga kakak ipar Anas, Dina Zad. Hadir pula sopir dari Direktur PT Dutasari Citra Laras Mahfud Suroso. Yanto Sutrisno, dan juga Asad Said Ali, Wakil Kepala Badan Intelijen Negara, yang pernah bertransaksi membeli kamus bahasa Arab dengan Attabik ini.

Saat kesaksian Yanto, Jaksa Penuntut Umum Yudi Kristiana bertanya apakah pernah mendengar Mahfud mengajarkan Anas untuk mengatakan jika satu rupiah Anas korupsi Hambalang, maka jawabannya “gantung Anas di Monas”.

“Ya, betul,” jawab Yanto, yang mendengar cerita Mahfud saat mengendarai mobil menuju rumah Waktu itu. kata Yanto.

Anas belum menjadi tersangka.
Jaksa kemudian bertanya lagi kepada Yanto apakah saksi pernah mendengar perkataan Mahfud bahwa Mahfud tidak akan dapat proyek jika tidak ada Anas. “Iya betul. Sejak tahun 2010, saat proyek Hambalang, katanya, semuanya dari Pak Anas,” katanya.

“Apo Mahfud bicara ke Saudara, kalau jadinya begini, malas kenal Anas?” tanya Yudi. “Ya, betul,” jawab Yanto.

Yanto juga mengaku pernah mengetahui pemberian tas kresek dari Mahfud ke terdakwa Anas. “Kalau tas kresek dibawa malam-malam, tetapi (saya) enggak tabu isinya apa. Tiga kali mengetahui, dan waktunya sekitar 2010,” ujar Yanto.

Jaksa kemudian membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) milik Yanto terkait tas kresek itu. Di BAP, Yanto menerangkan, kresek itu berisi uang. Adapun Ketua Majelis Hakim Haswandi bertanya kebenaran di BAP atau dari keterangan di persidangan.

Hingga pukul 22.00, jaksa dan majelis hakim masih terus menanyai saksi. Sementara Anas juga belum dimintai tanggapannya. (AMR)

Kompas 29 Agustus 2014 Page 2

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s