Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » Jokowi Utamakan Pembangunan Indonesia Timur

Jokowi Utamakan Pembangunan Indonesia Timur

IAKARTA — Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Patrice Rio Capella, mengatakan presiden terpilih Joko Widodo akan memprioritaskan pembangunan di kawasan Indonesia 13agian timur. Langkah Jokowi ini, kata dia, sangat beralasan karena, dari segi kualitas kesehatan, pendidikan, dan pembangunan infrastruktur, kawasan Indonesia timur masih tertinggal.

Patrice mencontohkan banyak jalan desa yang masih buruk, jembatan tidak layak, serta fasilitas puskesmas yang terbatas. Infrastruktur kesehatan dan pendidikan di Indonesia timur tidak sebaik di Pulau Jawa. “Jokowi pada kampanye pemilu presiden lalu menjadikan Papua sebagai wilayah pertama yang dikunjungi. Itu sebuah sinyal,” katanya kepada Tempo, kemarin.

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan, wilayah Indonesia timur, yang meliputi seluruh provinsi di Pulau Sulawesi, Maluku, dan Papua, memiliki 3,7 juta jiwa yang hidup dalam garis kemiskinan. Penduduk di wilayah tersebut hidup dengan pendapatan Rp 360 ribu per bulan. Angka itu jauh dari rata-rata pendapatan penduduk Indonesia yang mencapai Rp 2,29 juta per bulan.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bidang Koordinator Wilayah Timur, Annar Salahuddin Sampetoding, pernah mengatakan, meski otonomi daerah sudah berjalan, masih banyak urusan yang belum sepenuhnya diberikan ke daerah.”Ada istilah jalan negara, jalan provinsi, dan jalan daerah, kurang jelas itu kewenangan siapa. Kalau itu ada di daerah, seharusnya menjadi wewenang daerah.”

Menurut Annar, pembangunan jalan, pelabuhan, hingga bandara udara di kawasan Indonesia timur belum sebaik infrastruktur di Pulau Jawa. Karena itulah is menyarankan agar pembangunan infrastruktur yang mengacu pada penerapan konsep Masterplan Percepatan ,dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia dipercepat.

Ketua PDI Perjuangan Papua, Komaruddin Watubun, mengatakan persoalan ekonomi dan infrastruktur di Papua bukan isu barn. Hal itu sudah lama diketahui pemerintah, tapi tidak menjadi perhatian besot Langkah pemerintah memberi Papua otonomi khusus juga tidak memberi dampak yang cukup baik. “Karena tak ada evaluasi, langsung menjadi otonomi,” ujarnya.

INDRA WIJAYA I TRI SUHARMAN I RAYMUNDUS RIKANG DEVI SUCI RAHAYU

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s