Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » Tim Transisi Temui Wapres Boediono

Tim Transisi Temui Wapres Boediono

Pembagian Tugas antara Presiden dan Wapres Didiskusikan

JAKARTA, KOMPAS —Tim Transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla meminta data orang miskin yang dihimpun Kantor Wakil Presiden Boediono. Data tersebut akan dijadikan basis penyusunan program kompensasi pengurangan subsidi bahan bakar minyak untuk menyejahterakan rakyat.

“Kalau ingin menaikkan harga BBM, kita berarti menggeser (subsidi) ke program yang dibutuhkan masyarakat bawah. Maka, kita harus memiliki data keluarga miskin dan pra-sejahtera. Ini menjadi prioritas kami,” kata Ketua Tim Transisi Jokowi-JK, Rini Soemarno, Selasa (2/9), di Kantor Wapres.

Hal tersebut disampaikan Rini seusai memimpin Tim Transisi berdiskusi dengan Wapres Boediono selama hampir satu jam. Hadir kelima Deputi Tim Transisi, yakni Andi Widjajanto, Anies Baswedan, Hasto Kristiyanto, Akbar Faisal, dan Eko Putro Sandjojo.

Adapun Boediono didampingi Deputi Sekretaris Wapres Bambang Widianto, yang juga Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, serta Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat.

Menurut Rini, persoalan sekarang bukan sekadar menaikkan harga BBM, melainkan juga bagaimana menyediakan dukungan bagi program kesejahteraan rakyat. “Pastikan dulu masyarakat aman, baru harga BBM dinaikkan,” tuturnya.

Andi menambahkan, selain soal BBM, tim antara lain juga menanyakan program di rancangan APBN 2015, pembangunan tol laut, dan Papua. “Beliau bercerita tentang pembangunan di Papua dan kebijakan afirmatif agar ditindaklanjuti,” ujarnya.

Pembagian tugas
Tim Transisi juga menanyakan pembagian tugas antara Presiden dan Wapres. “Mengenai penguatan lembaga kepresidenan, kami minta arahan tentang pembagian tugas Presiden dan Wapres. Masukan Pak Boediono yang selama ini melaksanakan tugas dicatat untuk memperkuat kelompok kerja kepresidenan yang bertujuan memperkuat lembaga kepresidenan,” ujar Andi.

Menurut Yopie, soal pembagian tugas, Wapres menyatalcary hal itu bergantung kepada gaya kepemimpinan Presiden. “Tak ada model bakunya. Selama ini, pembagian tugas dari Presiden kepada Wapres sangat fleksibel dan tak terkotak-kotak beraasarkan sektor,” ujarnya.

Terkait tugas Wapres, Yopie menyebutkan, ditetapkan di sidang kabinet atau diskusi langsung dengan Presiden. (ATO)

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s