Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Koalisi Merah Putih » Desmond Junaidi Mahesa: "Pak Prabowo Biasa Saja"

Desmond Junaidi Mahesa: "Pak Prabowo Biasa Saja"

REPUBLIKA — Partai Gerindra tidak mau buru-buru memvonis kunjungan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa ke kediaman Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sebagai simbol bergabung ke pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Gerindra masih percaya dengan pernyataan Hatta, PAN tetap berada dalam barisan koalisi Merah Putih. “Kami melihat pertemuan itu wajar dalam konteks silaturahim. Koalisi Merah Putih masih kompak,” kata Ketua DPP Gerindra Desmond Junaidi Mahesa saat dihubungi Republika, Rabu (3/9).

Menurut Desmond, Prabowo tidak bersikap reaktif dengan kedatangan Hatta ke kediaman Paloh dan bertemu dengan Jokowi. Gerindra tetap menghormati Hatta sebagai bagian dari koalisi. “Pak Prabowo biasa saja. Kami tetap hormat dengan Pak Hatta sebagai teman seiring,” katanya.

Desmond mengatakan, konsisten tidaknya PAN akan ditentukan di kemudian hari. Apabila pada akhirnya PAN memutuskan bergabung di pemerintahan Jokowi-JK, itu berarti pertemuan di kediaman Paloh bukan sekadar silaturahim dua sahabat. “Kita lihat saja apakah sikapnya berubah. Kalau berubah, berarti ada apa-apanya di pertemuan itu.”

Dia yakin apabila PAN bersikap inkonsisten terhadap koalisi Merah Putih, publik yang akan menilai. “Kalau ada sesuatu yang melanggar etika, bukan Prabowo yang nilai, tapi 60 juta rakyat yang memilih Prabowo-Hatta. Biarkan mereka yang menghukum,” katanya mengingatkan.

Hatta mendatangi kediaman Surya Paloh di Permata Hijau, Jakarta Selatan, Senin (1/9) malam. Di sana Hatta bertemu dengan presiden terpilih Joko Widodo. Pertemuan Hatta dengan Jokowi memunculkan spekulasi terbangun koalisi di antara keduanya.

Hatta membantah mengenai hal tersebut.

Namun, Sekretaris Jenderal DPP Partai Nasdem Rio Patrice Capella mengatakan, pertemuan antara Hatta dan Surya Paloh bukan yang terakhir. “Ke depan pasti akan ada pertemuan lanjutan,” kata Rio kepada Republika, kemarin. Bagi Nasdem, pertemuan Hatta-Paloh-Jokowi bermakna positif dalam rangka mencairkan ketegangan. Rio mengklairn, Hatta akan membawa PAN mendukung Jokowi-JK ke depan.

Nasdem tetap menghormati sikap politik PAN yang sampai saat ini tetap ingin berada di luar pemerintahan. Namun, dia percaya dalam politik tidak ada istilah titik. ” Yang ada koma,” katanya.

Pimpinan
Secara terpisah, fraksifraksi yang tergabung dalam koalisi Merah Putih sudah melakukan pembahasan internal soal posisi pimpinan DPR.

Pembahasan baru memasuki tahap pengusulan nama yang akan diajukan masing-masing fraksi. “Baru dibahas pendahuluan, personalia yang diserahkan masing-masing par-tai,” ujar Ketua Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy.

Tjatur menjelaskan, belum ada keputusan dari koalisi Merah Putih tentang siapa yang akan menempati posisi ketua dan wakil ketua DPR. Dia beralasan masa pelantikan DPR periode 2014-2019 baru akan dilakukan beberapa bulan mendatang. Perkiraan Tjatur, talon ketua dan wakil ketua DPR dari koalisi Merah Putih akan diputuskan pada akhir September. Adapun sejumlah nama yang diajukan PAN ialah Zulkifli Hasan dan Taufik Kurniawan.

Ketua Fraksi PKS Hidayat Nurwahid mengatakan, rapat fraksi koalisi Merah Putih dilakukan di ruang pertemuan Fraksi Partai Demokrat DPR RI. Rapat ini, menurutnya, mengonfirmasi sikap politik Demokrat yang mendukung koalisi Merah Putih. ■ Muhammad Akbar Wijaya
………………………………………………………………………………..oOo………………………………………………………………………………..

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s