Home » PAGE 5.8 - Provinsi DKI Jakarta » Jakarta Metropolitan » Tangerang Berbenah demi Jakarta

Tangerang Berbenah demi Jakarta

Pemkot juga meningkatkan taraf hidup masyarakat.

REPUBLIKA — Sebagai penyangga DKI Jakarta, Kota Tangerang tak berhenti bersolek. Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyatakan, kota yang dipimpinnya terus berbenah untuk mengimbangi Ibu Kota.

Arief menyatakan, konsep yang diusung Tangerang harus mengacu pada pembangunan yang berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan harus mengacu pada kelestarian lingkungan.

Guna merealisasikan konsep terse- but, Arief menegaskan, dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kota Tangerang menggelontorkan sejumlah program terkait melestarikan lingkungan. Seperti, program 1.000 Bank Sampah dan Tangerang Bersih.

“Kita juga meminta kepada pihak pengembang untuk menyediakan ruang terbuka hijau di permukimannya,” ujar Arief di kantornya, Rabu (3/9).

Tak hanya memerhatikan lingkungan, pemkot juga bakal meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Semua itu, menurut Arief, bisa dimulai dengan pembangunan sanitasi permukiman yang layak. “Jika sanitasinya layak, kehidupan masyarakat tak begitu kumuh,” kata dia.

Dan, hal itu akan dicoba dilaksanakan oleh pemkot, mencoba bekerja sama dengan beberapa perusahaan swasta dengan melakukan program bedah rumah dan pembangunan 1.000 jamban sehat. “Hal tersebut juga sejalan dengan program pemkot untuk menjadikan Kota Tangerang sebagai kota layak huni,” jelasnya lagi.

Ia mengharapkan pelaksanaan percepatan pembangunan sanitasi permukiman di wilayah perkotaan yang mengacu pada Undang-Undang 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Ditemui terpisah, Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri selaku ketua Kelompok Kerja (Pokja) Sanitasi menjelaskan, pembangunan sanitasi didasarkan pada beberapa karakteristik utama, yaitu berdasarkan data aktual, berskala kota. “Kemudian, disusun oleh Pemerintah Kota Tangerang melalui Pokja Sanitasi,” kata dia.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menyatakan, scat ini pembangunan di Tangerang tak lepas dari peran pemangku kepentingan, dukungan masyarakat, dan stakeholder. Karena itu, Pemerintah Kota Tangerang bakal merancang kota satelit DKI Jakarta itu sebagai kota layak huni (lirable city).

Sachrudin mengatakan, pembangunan gedung nonpemerintah, seperti mal, apartemen, dan perkantoran swasta perlu diatur. Sehingga, kata dia, pembangunan gedung yang fungsional, andal, dan selaras dengan lingkungan bakal terjamin.

Ia menyebut, pembangunan gedung hendaknya mengacu pada perda rencana detail tata ruang (RDTR) dan zonasi wilayah kecamatan. “Untuk mewujudkan bangunan gedung yang selaras dengan lingkungannya, Pemkot Tangerang berharap agar setiap bangunan mal, apartemen, dan kantor swasta menyediakan ruang terbuka untuk penghijauan,” kata Sachrudin di Balai Kota Tangerang, Jumat (29/8).

Menurut dia, ruang terbuka hijau akan bermanfaat untuk resapan air. “Karena, kalau tidak, tentunya akan berdampak pada kerusakan lingkungan, seperti efek pemanasan global (global warming),” ucap Sachrudin.

Guna mewujudkan agar Tangerang menjadi liviable city, pemkot menyosialisasikan kepada pemangku kepentingan, masyarakat, dan stakeholder.

Ia berharap, semua pihak memahami Perda RDTR agar dapat memahami perda ini dan juga RDTR dan zonasi wilayahnya. “Bangunan gedung swasta harus diproses sesuai perda,” ujarnya.

Menurut Kepala Dinas Tata Kota Dafyar Eliadi Hardian, sosialisasi kepada semua pihak yang berkepentingan di Tangerang dilakukan untuk mewujudkan tertib penyelenggaraan bangunan gedung yang menjamin keandalan teknis bangunan dari segi keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan. Selain itu, Perda RDTR dibuat untuk mewujudkan kepastian hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung. ■ c81/ c80 ed: karta raharja ucu Farisi

— oOo —
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s