Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Politik dan Pilpres 2014 » Masukan Publik Ditunggu

Masukan Publik Ditunggu

Rekam Jejak 104 Calon Pimpinan KPK Perlu Ditelusuri

KOMPAS — Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi sudah mulai bekerja untuk menyeleksi 104 pendaftar calon pimpinan KPK. Ketika proses berjalan, Pansel KPK berjanji untuk akomodatif terhadap masukan public terhadap nama-nama yang mendaftar.

Ketua Panitia Seleksi Pimpinan KPK, yang juga Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Amir Syamsuddin, mengatakan, para pendaftar tersebut akan melewati beberapa tahapan seleksi.

“Tahapan seleksi pertama dimulai dengan seleksi administrasi,” kata Amir, Kamis (4/9).

Amir menegaskan,” Pansel KPK juga akan mengakomodasi masukan dari masyarakat terhadap nama-nama yang masuk.

“Selama proses berjalan, masukan dari publik itu terbuka (untuk diakomodasi) selama satu bulan,” kata Amir.

Juru Bicara Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi, yang juga peneliti Indonesian Legal Roundtable (ILR), Erwin Natosmal Oemar, mengatakan, pihaknya akan ikut mengawal seleksi calon pimpinan KPK hingga akhir.

Jangan terpeleset
Dilihat dari nama-nama yang mendaftar, terdapat beberapa nama yang memang memiliki kompetensi dan rekam jejak yang baik.

“Dengan demikian, dalam konteks mencari hanya satu komisioner, publik tidak perlu khawatir,” kata Erwin.

Seleksi kali ini hanya mencari satu orang yang akan menggantikan pimpinan KPK sekarang, yakni M Busyro Muqoddas. Kepemimpinan Busyro akan berakhir pada 10 Desember 2014.

“Asalkan Pansel tak terpeleset, komposisi dream team pimpinan KPK tidak akan terlalu banyak berubah,” kata Erwin.

Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi sudah memulai pelacakan rekam jejak terhadap para pendaftar.

“Direncanakan dalam tiga pekan ke depan akan selesai atau setidaknya sebelum hasil Pansel keluar sudah selesai, yang pasti akan disampaikan sebelum Pansel mengumumkan hasil akhir,” kata Erwin.

Tahapan seleksi
Setidaknya ada lima tahapan seleksi yang akan dilakukan. Seleksi tahap I adalah seleksi administrasi yang hasilnya akan diumumkan pada 5 September. Seleksi tahap II adalah pembuatan paper (makalah) yang diumumkan 13 September. Seleksi tahap III adalah seleksi berdasarkan penilaian profit (profile assessment) yang akan diumumkan pada 19 September.

Setelah itu, dilakukan penelusuran rekam jejak calon pada 22-26 September, yang diikuti wawancara pada 29 September.

Pengumuman seleksi tahap IV terhadap nama calon yang lulus akan disampaikan kepada-, Presiden pada 2 Oktober. Presiden kemudian menyampaikan dua nama kepada DPR RI.

Selanjutnya, seleksi V diproses di tingkat DPR pada rentang 22 Oktober 2014 hingga 19 Januari 2015. Pengumuman hasil seleksi tahap V dan penyampaian calon terpilih kepada Presiden dilakukan pada 19-27 Januari 2015. Selanjutnya, Presiden menetapkan calon pengganti terpilih pada 27 Januari-9 Maret 2015.

Berani ambit risiko
Dari 104 pendaftar, paling banyak didominasi dad kalangan swasta, disusul kalangan PNS dan pensiunan PNS. Selanjutnya dari kalangan advokat, serta dari TM, Polri, dan purnawirawan.

Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi menggarisbawahi, mereka yang mendaftar diharapkan memiliki integritas dan kredibilitas yang tinggi, mampu membuat perencanaan strategic, imparsial dan independen, memiliki daya tahan dari tekanan kerja, berani mengambil risiko, bebas dari konflik kepentingan politik dan bisnis, serta menguasai substansi dan teknis pemberantasan korupsi.

“Khusus untuk advokat, harus dipastikan mereka tidak pernah membela kasus korupsi,” kata Lalola Ester, anggota koalisi yang juga Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan di Indonesia Corruption Watch (ICW).

Selain dapat langsung memberikan masukan kepada Pansel KPK, masyarakat yang memiliki informasi penting terkait para calon juga dapat menyampaikan kepada Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi.

Anggota Koalisi, di antaranya, ICW, ILR, Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Pusat Kajian Hukum dan Kebijakan, serta Transparency International Indonesia. (AMR)

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s