Home » PAGE 5.2 - International News » ISIS » Bibit ISIS di Asia Selatan

Bibit ISIS di Asia Selatan

PESHAWAR — Wabah kelompok militan Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) mulai merambah beberapa wilayah Asia Selatan. Pamflet dan bendera ISIS sepanjang pekan lalu terlihat bertebaran di Pakistan dan India, kawasan yang sedianya menjadi basis Taliban dan A1-Qaidah.

Sejak mengumiunkan pendirian kekhalifahan, Juni lalu, kelompok garis keras pimpinan Abu Bakr al-Bagdadi itu terus mendapat simpati dari kelompok-kelompok sejenis. Kelompok sempalan Taliban Pakistan, Jama’ah ul Ahrar, menyatakan dukungannya kepada ISIS —Idni bernama Islamic State (IS) —yang menguasai sebagian besar Irak dan Suriah.

“ISIS adalah sebuah organisasi jihad Islam yang bekerja untuk pelaksanaan sistem Islam dan penciptaan kekhalifahan,”kata pemimpin Jama’ah ul Ahrar dan tokoh terkemuka Taliban, Ehsanullah Ehsan, kepada Reuters kemarin. “Kami menghormati mereka. Jika mereka meminta bantuan, kami akan mempertimbangkannya.”

Pamflet ISIS ditemukan di Kota Peshawar, ibu kota Provinsi Khyber-Pakhtunkhwa, Pakistan, dan Afganistan timur dalam beberapa minggu terakhir. Buklet 12 halaman itu dinamai “Fatah” (Kemenangan), yang diterbitkan dalam bahasa Pashto dan Dari. Pendistribusian dilakukan di kamp pengungsi Afganistan di pinggiran Peshawar. Pamflet berlogo senapan serbu AK-47 itu meminta penduduk mendukung “perjuangan” ISIS.

Sameeulah Hanifi, ulama di Peshawar, mengatakan pamflet ini didistribusikan kelompok lokal yang kurang dikenal bernama Islami Khalifat. “Beberapa orang menerima salinan pamflet dari teman atau diberikan pada masjid,” katanya kepada Reuters.

Seorang pej a bat keamanan Pakistan mengatakan pamflet datang dari Provinsi Kunar, Afganistan. Selain pamflet, terdapat CD, peta, literatur dalam bahasa Persia, Pashto, dan Dari.

Tanda-tanda pengaruh ISIS juga terlihat di Kashmir, wilayah yang diklaim, balk oleh India maupun Pakistan. Intelijen India mengatakan bendera ISIS pertama kali terlihat pada 27 Juni di bagian ibu kota negara Srinagar dan saat perayaan Idul Fitri, Agustus lalu. Pada pertengahan Juli lalu juga beredar video ajakan bergabung dengan ISIS menggunakan bahasa Hindi, Tamil, dan Urdu.

“Masalahnya, tak banyak informasi tentang jaringan ini atau yang bertindak atas nama mereka,” kata seorang pejabat di Biro Intelijen India di New Delhi. [Reuters, Raju Fibrian]

Rep 8 Sep 2014 P5
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s