Home » PAGE 5.2 - International News » Israel-Palestine » Presiden SBY diundang ke Jalur Gaza.

Presiden SBY diundang ke Jalur Gaza.

RAMALLAH — Pemerintah bersatu Palestina yang bare disepakati pada April lalu terancam bubar. Presiden Otoritas Palestina asal Fatah, Mahmud Abbas, mengancam Hamas, yang berkuasa di Jalur Gaza, agar membatalkan kesepakatan jika faksi itu tidak membiarkan pemerintah Ramallah menjalankan fungsinya di Gaza.

“Kami tidak dapat terus bekerja dengan Hamas seperti ini,” kata Abbas di Kairo, Mesir, seperti dikutip surat kabar Israel, Haaretz, Ahad lalu. “Ada 27 wakil kementerian yang memerintah di Jalur Gaza, dan pemerintah bersatu tidak bisa melakukan apa-apa di lapangan.”

“Otoritas Palestina hams bersatu dan beroperasi dalam kerangka satu rezim, bahkan di Gaza,” tutur Abbas.

Kekesalan Abbas dipicu oleh tidak berjalannya pemerintahan bersama Fatah dan Hamas. Hamas, yang dipimpin Khaled Mashal, dituding terus menggunakan cara kekerasan, termasuk mengeksekusi orang yang diduga sebagai mata-mata Israel. Padahal, masa tenang dengan Israel diperlukan setelah gencatan senjata tercapai dua pekan lalu pasca-perang 50 hari.

Kabar perpecahan .di tubuh pemerintah Palestina datang seiring dengan kerusuhan yang terjadi di Yerusalem Timur. Sejumlah warga Palestina mengamuk setelah mendengar kabar bahwa seorang remaja yang ditembak dalam bentrokan dengan polisi Israel pekan lalu akhirnya tewas.

Demonstran di kawasan Wadi al-Joz, yang dekat dengan Tembok Ratapan di Kota Tua, melempar batu batu, born molotov, serta api ke arah mobil-mobil yang lewat. Polisi Israel membalas dengan tembakan peluru karet. Bentrokan sempat terjadi selama beberapa jam.

Remaja Palestina, Mohammed Sinokrot, 16 tahun, tewas dengan sejumlah luka tembak pada bagian kepala dalam aksi protes pada pekan lalu. Sang ayah, Abdel-Majid, mengatakan putranya dihantam peluru karet. Namun polisi Israel menyatakan Sinokrot hanya ditembak pada bagian kaki dengan proyektil busa. Dia terjatuh dan kepalanya tertembak saat akan melarikan diri dari kejaran petugas. Jenazah Sinokrot dibawa ke Tel Aviv, sementara kasus tersebut king diselidiki oleh Kementerian Kehakiman Israel.

Sementara itu, Otoritas Palestina mengundang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Jalur Gaza. Undangan itu disampaikan agar SBY dapat menyaksikan secara langsung dampak tindakan Israel terhadap rakyat di jalur yang diblokade itu.

“Kami mengundang Presiden Indonesià untuk datang ke Gaza. Meski ini sebuah negara kecil, kami berharap Presiden Indonesia bisa hadir di negeri ini, negeri saudara-saudara mereka. Kami mencintai mereka, dan kami juga tabu bahwa mereka mencintai kami,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Paleftina, Mufeed Al-Husainah, yang dilansir Mi’raj Islamic News Agency.

Al-Husainah meminta Indonesia sesegera mungkin membantu rakyat Gaza, khususnya para pengungsi yang hingga kini masih berada di sekolah-sekolah karena rumah mereka hancur akibat serangan Israel. [Natalia Santi]

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s