Home » PAGE 5.2 - International News » ISI, ISIL, ISIS, IS, atau Daiish?

ISI, ISIL, ISIS, IS, atau Daiish?

KELOMPOK ekstremis Islamic State (IS) yang dikenal lewat aksi-aksi kejamnya memang tengah menjadi sorotan dunia. Selain IS, kelompok itu dikenal dengan beberapa nama termasuk ISIS, ISIL, IS, juga Daiish.

Pada pidatonya tentang strategi Amerika Serikat (AS) untuk menumpas IS di hadapan Kongres, Rabu (10/9) malam waktu Washington, Presiden AS Barack Obama akan menyebut kelompok itu sebagai ISIL. Namun, sesungguhnya mana sih nama yang tepat?

Semua bermula pada 2004. Abu Musab al-Zarqawi membentukkelompokpecahan A1-Qaeda di Irak. Pada Juni 2006, AI-Zarqawi tewas akibat serangan AS dan digantikan Abu Ayyub al-Masri. Berselang beberapa bulan saja, Al-Masri mengumumkan Islamic State in Iraq alias ISI.

Pada April 2013, ISI merekrut Front alNusra, yakni kelompok milisi sokongan Al-Qaeda di Suriah yang dipimpin Abu Bakr al-Baghdadi. Dialah yang kemudian mencetuskan nama Islamic State in Iraq and the Levant atau ISIL.

Obama, PBB, juga beberapa media memilihsebutanISIL. Menurutkoresponden Urusan Luar Negeri CNN Elise Labott, AS menggunakan nama ISIL karena kelompok itu memperluas pengaruh meliputi Irak dan Suriah. Huruf L merujuk kata ‘Levant’, terjemahan bahasa Inggris dari bahasa Arab, Al-Sham’.

Istilah Levant, kata pakar dari Universitas Harvard, AS, Nawaf Obaid, “Menunjuk Suriah dan Libanon. ISIL sebenarnya sama dengan ISIS, tetapi terjemahannya lebih tepat.”

Pakar sejarah Suriah di Columbia University, AS, Rashid Khalidi, membenarkan `Al-Sham’ punya beberapa makna dalam bahasa Arab sehingga terkadang membuat orang bingung.

Nama lain kelompok itu yang paling sering digunakan ialah ISIS, singkatan untuk Islamic State in Iraq and Syria yang diterjemahkan dari bahasa Arab, Al-Dawla Al Islamiya fi al-Iraq wa al-Sham.

Adapun Islamic State atau IS ialah sebutan kelompok itu bagi diri sendiri. yang secara akurat merujuk pada tujuan kelompok untuk membentuk khilafah tanpa batas negara.

Ada pula sebutan Daiish, akronim nama aslinya dalam bahasa Arab, yaitu Al-Dawla al-Islamiya fi al-Iraq wa al-Sham Nama ini umum digunakan di negara negara dan media Arab. Menurut pakar sejarah Suriah, Rashid Khalidi, nama itu sesungguhnya mengandung penghinaan.

“Pihak-pihak yang menentang mereka menyebut mereka Daiish,” kata dia Kelompok ekstrem itu sendiri, lanjut Khalidi, keberatan disebut Daiish. (CNN/ Wey/I-2)

… oOo …

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s