Home » PAGE 5.1 - TNI, Militer, Atase » TNI Polri » 34 Anggota Polres Jakarta Barat Konsumsi Narkotik

34 Anggota Polres Jakarta Barat Konsumsi Narkotik

JAKARTA — Kasus narkotik kembali menjerat anggota kepolisian. Sebanyak 34 anggota Kepolisian Resor Jakarta Barat positif gunakan narkotik jenis sabu dan happy five (psikotropika golongan IV) yang didapat dari pengedar di Kampung Ambon, Jakarta Barat. “Pengedar menyebutkan satu demi satu nama polisi yang memakai narkoba,” kata juru bicara Polres Jakarta Barat Komisaris Heru Julianto kepada Tempo, kemarin.

Awalnya, Polres Jakarta Barat hanya menghukum 30 polisi. Kecurigaan mengarah pada anggota kepolisian yang tak disebutkan namanya oleh sang pengedar. “Akhirnya kami tes semuanya. Setelah diuji urine, hari ini tambah empat orang,” kata Heru.

Para polisi itu berusia 30-50 tahun dengan pangkat dari brigadir satu sampai ajun inspektur satu.

Mereka, kata Heru, menjadi pelanggan lantaran berteman dekat dengan para pengedar. Terkadang mereka memperoleh barang haram tersebut secara gratis atau dengan potongan harga. “Sabu-sabu kan mahal.”

Selama sebulan terakhir, 34 polisi nakal itu diberi pelatihan berat di Polsek Palmerah. “Agar kandungan narkoba di dalam tubuhnya keluar,” ucap Heru.

Setelah itu, mereka kembali menjalani tes urine. Jika hasilnya positif, mereka akan direhabilitasi dengan biaya dari pemotongan gaji. Setelah rehabilitasi selama sebulan, mereka akan menjalani tes urine, dan jika masih ada kandungan narkotik, mereka akan menjalani sidang kode etik. “Hukuman terberatnya berupa pemecatan,” ujar Heru.

Ketua Indonesian Police Watch Neta S. Pane menilai sanksi yang diberikan bagi polisi pengguna narkotik itu sangat ringan. “Polres seharusnya memberi hukuman yang lebih berat, bukan membina lalu merehabilitasinya,” katanya. “Kalau begitu, polisi tak memberikan efek jera kepada anggotanya sendiri.” • ALI NY I PERSIANA GALIH

Koran Tempo 12 Sep 2014 Page 6

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s