Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » UU Perkawinan » Mengemban Tanggung jawab

Mengemban Tanggung jawab

DIALOG JUMAT — Pernikahan sebagai jalinan hubungan insan membawa konsekuensi bagi tiap-tiap pasangan. Tentu kala sendiri berbeda saat seseorang hadir menjadi belahan jiwanya yang diikat dalam mahligai pernikahan. Setiap tindakan menimbulkan konsekuensi. Tak luput termasuk sunah Rasulullah SAW yang satu ini.

Ketua Departemen Riset dan Kajian Ikatan Dai Indonesia Ilkadd Ustaz Samson Rahman menyebut kala seseorang memasuki gerbang pernikahan, ada tanggung jawab baru yang diembannya. Suami istri wajib menjadikan generasi yang dilahirkan mengerti tentang Allah SWT. Kewajiban mendidik anak merupakan tanggung jawab baru yang harus diemban suami istri.

Diikat atas perintah Allah dan Rasul-Nya, pasangan yang sudah menikah wajib menjadikan rumah tangganya bercahaya dengan nilai Islam. “Keluarga harus menjadi role model miniatur kehidupan Islami,” kata Samson kepada Republika, Rabu (10/9). Kewajiban tersebut, Samson menambahkan, akan sukar dipenuhi jika terjadi pernikahan beda agama. “Titik tolaknya sudah beda. Ke depan akan sutit menemukan kesamaan ritme,” ujarnya menanggapi wacana legalisasi pernikahan beda agama.

Dai lulusan International Islamic University Pakistan ini menegaskan tiap-tiap pasangan mesti paham akan hak dan kewajiban. “Suami mencari nafkah, istri membesarkan anak. Itu yang paling mendasar,” katanya.

 Sebagai manusia, pasangan yang sudah menikah pasti akan melakukan kesalahan. -Tugas komplemen kekurangan ini juga menjadi tanggung jawab pasangan,” ujarnya. Jika suami istri tidak  memenuhi kewajiban dasarnya, bisa dipastikan akan muncul konflik.

Jika muncul konftik besar, ada baiknya kedua belah pihak meminta orang lain sebagai hakim. “Pada saat konflik besar, keduanya menjadi bagian masalah bukan solusi,” kata Samson. Untuk itu, dipertukan sudut pandang lain dari orang yang dipercaya kedua belah pihak.

Ketua Lembaga Dakwah Nandlatul Ulama (LDNU) KH Zaky Mubarak menambahkan persamaan dan perbedaan tugas pasangan dalam rumah tangga. Keduanya harus sama dalam kasih sayang, saling criencintai dan sevisi dalam menyiapkan masa depan. “Terutama, bagaimana mendidik anak, harus sama pandangannya,” kata Kiai Zaky. Perbedaaanya, Kiai Zaky mengungkapkan, ada pada tanggung jawab masing-masing suami dan istri.

“Suami yang jelas mencari nafkah. lstri tugas utamanya mendidik dan sebagai madrasah bagi anak-anaknya,” ujarnya. Sebagai madrasah, sebaiknya seorang ibu tetap di rumah dan tidak bekerja di luar. Ibarat madrasah, seorang anak harus dibimbing dari waktu ke waktu. “Boleh bekerja, tapi tetap di rumah,” katanya.

Wanita yang menjalankan kewajiban sebagai madrasah akan mendapat pahala besar. Karena pernikahan sendiri merupakan separuh agama. “Dengan pernikahan separuh agamanya terjaga,” ujar Kiai Zaky. la menerangkan seorang yang sudah menikah bisa tenang menyaturkan hasrat seksuatnya. Dari sana bisa timbut kasih sayang dan menyelamatkannya dari perbuatan maksiat.

Ustaz Samson menambahkan bahwa makna separuh agama datam pernikahan timbul sating menjaga pasangannya dari halhal buruk. Dengan menikah, seseorang akan mendapat nasihat, masukan, dan arahan dari pasangan sehingga tidak menjerumuskan dalam tindak dosa.

Seseorang yang sudah menikah juga akan jauh lebih tenang secara psikologis. Orang yang belum menikah cenderung tidak seimbang karena menahan sesuatu yang natural secara biologis. “Orang seperti ini mudah terguncang,” katanya. Kemantapan psikis orang yang sudah menikah akan membuatnya bisa melakukan banyak kewajiban agama secara lebih khusyuk.

Republika 12 Sep 2014 Dialog Jumat Page 2 Oleh Hafidz Muftisany
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s