Home » PAGE 5.3 - Tokoh Indonesia » Jokowi-Kalla » KTT G-20 : Australia Menantikan Jokowi di Brisbane

KTT G-20 : Australia Menantikan Jokowi di Brisbane

Scanned Article  | By Harry Bhaskara

BRISBANE, KOMPAS — Pebisnis, akademisi, dan profesional di Australia mengharapkan Presiden Joko Widodo hadir di Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Brisbane, 15-16 November. Jim Varghese, CEO Springfield Land Corporation, awal pekan ini mengatakan, kunjungan Jokowi pada KTT G-20 akan mendorong kesempatan investasi di Australia dan Indonesia.

“Kami menyambut hangat terpilihnya Presiden Jokowi dan mengharapkan kehadirannya di G-20. Dia benar-benar seorang demokrat sejati dan pemimpin yang menjanjikan. Ia punya tekad untuk perubahan, bukan saja bagi Indonesia, melainkan bagi dunia,” kata pemimpin perusahaan real estat ternama di Queensland itu seperti dilaporkan koresponden Kompas, Harry Bhaskara, dari Brisbane, Australia.

Kementerian Luar Negeri RI memastikan Presiden Jokowi hadir pada KTT G-20 setelah mengikuti KTT APEC di Beijing, Tiongkok, dan KTT ASEAN di Naypyidaw, Myanmar.

“Waktunya memang sempit buat Jokowi,” kata Dr Morgan Brigg, dosen senior ilmu politik dan hubungan internasional Universitas Queensland. “Tetapi, G-20 adalah kesempatan balk untuk berhubungan dengan pemimpin dunia dan menimba pengalaman internasional.”

Brigg mengatakan, banyak orang berpendapat, Jokowi sebaiknya hadir untuk mengangkat posisi Indonesia di kancah internasional dan membina hubungan saling percaya dengan pemimpin Australia.

Dr Russell Trood, profesor hubungan internasional dari Universitas Griffith, Brisbane, mengatakan, harapan dari peserta G-20 lain tidak akan muluk-muluk. “Jokowi tentu bisa memberikan sesuatu yang lebih dari apa yang diharapkan. Tentu itu bagus, tetapi sebagai pemimpin baru dia tak di bawah tekanan untuk melakukan itu,” tuturnya.

Ahmad Khoirul Umam, mahasiswa doktoral ilmu politik Universitas Queensland, mengatakan, G-20 adalah kesempatan bagus bagi Jokowi untuk menepis citranya sebagai politikus lokal. “Banyak pihak menyangsikan kemampuan Jokowi dalam bidang keamanan nasional dan diplomasi sehingga apabila tidak datang ada hal yang bersifat strategis yang dikorbankan. Apabila datang, ia akan menjawab kesangsian publik,” kata Umam.

Ia menambahkan, Jokowi punya kesempatan memberikan peta dan wajah baru Indonesia yang menjawab keingintahuan masyarakat internasional tentang perubahan di Indonesia.

Ketua Australia Indonesia Business Council Dr Kathleen Turner sepakat dengan Trood, Indonesia adalah satu-satunya negara ASEAN anggota G-20. yang akan membawa suara ASEAN di G-20 sehingga pemimpinnya harus hadir.

“Australia akan sangat menghargai kehadiran Jokowi. Walaupun ini pertemuan multilateral, Australia akan melihat kehadirannya sebagai niat untuk menjalin hubungan dan kerja sama yang erat di antara kedua negara di masa datang,” kata Russell.

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s