Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Media Indonesia » Ical Dituding Mau Menang Sendiri

Ical Dituding Mau Menang Sendiri

By Astri Novaria  |  Scanned Article  |  Page 5, Politik

Agun Gunandjar Sudarsa menegaskan lcal memakai cara-cara penakut agar terpilih secara aklamasi.

MEDIA INDONESIA, — Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical dihujani kritik oleh politikus senior Agun Gunandjar Sudarsa. Agun menuding Ical menggunakan cara-cara penakut demi mempertahankan kursi orang nomor satu di partai berlambang pohon beringin tersebut.

Hal itu dikatakan Agun menanggapi rencana DPP Partai Golkar di bawah kepemimpinan Ical yang berniat mempercepat pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) IX Golkar dari rencana sebelumnya awal Januari 2015 menjadi akhir November 2014.

“Jelas ini cara-cara penakut, yang tidak siap berlaga, dengan memotong kesempatan orang lain agar dapat menyelonong sendirian. Ujung-ujungnya (Ical) terpilih aklamasi,” kata Agun kepada Media Indonesia di Jakarta, kemarin.

Menurut Agun, Ical dan para pengurus di bawahnya telah membuat skenario untuk menggelar munas di Bandung, 27 November nanti. Padahal, sambung Agun, keputusan penyelenggaraan munas pada Januari 2015 seharusnya diambil melalui Rapimnas Golkar di Yogyakarta, 17-19 November mendatang.

“Dalam rapimnas tersebut sejatinya akan ditentukan waktu dan lokasi penyelenggaraan Munas IX Golkar,” keluh inisiator Gerakan Regenerasi Kepemimpinan Partai Golkar itu.

Namun, sebelurn rapimnas berlangsung, DPP Partai Golkar rupanya merencanakan rapat konsultasi nasional dengan para Ketua DPD I Golkar di Bali, untuk memastikan rapimnas di Yogyakarta mencapai kesepakatan penyelenggaraan munas dipercepat.

“Para ketua DPP saat ini sudah dimintai bahan laporan pertanggungjawaban di munas yang dalam skenario mereka rnemang untuk dipercepat,” beber Agun.

Ia menambahkan, rapat konsultasi dengan Ketua DPD I Golkar juga akan mempersiapkan bahan munas untuk dibawa ke rapimnas bahwa persyaratan maju menjadi ketua umum harus mendapatkan dukungan 10 DPD provinsi dan 30% DPD kabupaten/kota.

“Ini merupakan upaya mau menang sendiri dengan cara-cara yang tidak demokratis,” sesalnya.

Agun menyatakan dirinya bersama inisiator Gerakan Regenerasi Kepemimpinan Partai Golkar lainnya akan bertemu dengan dewan pertimbangan dan para calon ketua umum. Mereka akan mendesak diadakan rapat pleno DPP guna membahas dan memutuskan waktu serta jadwal munas yang sesuai dengan AD/ART. “Rencananya Selasa (hari ini),” singkatnya.

Tergantung rapimnas
Sekjen Partai Golkar Idrus Marham enggan berkomentar saat ditanya apakah munas akan dipercepat atau tetap digelar pada 2015. Menurutnya, itu bergantung pada hasil rapimnas yang bakal digelar di Yogyakarta.

“Jadi, nanti terserah peserta rapimnas yang merupakan forum di bawah munas. Forum itu memiliki kewenangan untuk menetapkan tahapan munasnya,” jelas Idrus saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Ia juga enggan menjawab lebih lanjut mengenai syarat pencalonan ketua umum nantinya. Sebelumnya tersiar kabar persyaratan untuk dapat maju menjadi ketua umum nantinya harus mendapatkan dukungan dari 10 DPD provinsi dan 30% DPD kabupaten/kota.

“Tergantung rapimnas dan di dalam munas. Rapimnas hanya semacam membahas semua draf. Kemudian dalam munas diputuskan syarat, pencalonan ketum setelah AD/ART dan tata tertib yang menjadi dasar pemilihan disahkan,” imbuhnya.

Idrus menambahkan, pencalonan kembali Ical sebagai ketua umum tidak melanggar aturan. “Saya kira iya, Pak ARB sebagai kader (bisa di calonkan lagi). Bila dihendaki oleh semua kader, saya kira, beliau nggak mungkin menolak.”

Ia menyerahkan itu semua kepada pemegang suara di provinsi, kabupaten/kota, organisasi yang didirikan, dan organisasi sayap. (Nur/P-6)


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s