Home » PAGE 5.2 - International News » KTT APEC 2014 » Jokowi Kunjungi Pelabuhan Tianjin

Jokowi Kunjungi Pelabuhan Tianjin

By antara/Andri Saubani |  Scanned Article  |  Page 9, Publik

Kunjungan dinilai selaras dengan prioritas pembangunan maritim Indonesia.

TIANJIN, REPUBLIKA — Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ahad (9/11) sore waktu Cina, meninjau proyek pembangkit listrik tenaga batu bara dan pelabuhan ‘di Tianjin, Cina. Peninjauan ini dilakukan Jokowi di sela-sela rangkaian acara pertemuan Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Beijing. Dalam kunjungan itu Presiden memperoleh penjelasan dari operator pelabuhIn terSeett tentang luas dan kapasitas pelabuhan.

Sementara itu, di fasilitas pembangkit listrik. Presiden Jokowi mendengarkan penjelasan bahwa pembangkit listrik tersebut sangat efisien karena menyinergikan produksi energi, pemurnian air laut, produksi garam, dan pengolahan limbah. Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, kunjungan ini selaras dengan prioritas pembangunan pemerintahan Presiden Jokowi, yaitu maritim dan tol laut, infrastruktur, kereta api, serta pangan dan energi.

Perjalanan ke Tianjin ditempuh Presiden Jokowi beserta rombongan dengan menggunakan kereta api cepat dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit. Tianjin adalah salah satu dari empat kota setingkat provinsi di Cina, selain Beijing, Shanghai, dan Chongqing-. Kota yang berpenduduk 14,1 juta jiwa itu, menurut data 2012, memiliki industri utama di bidang petrokimia, tekstil, pembuatan mobil, dan besi.

Pelabuhan Tianjin yang dikunjungi Jokowi merupakan pelabuhan terbesar di kawasan utara Cina dan merupakan pintu akses maritim terpenting bagi Beijing. Pada 2013 pelabuhan Tianjin menangani kargo sejumlah 500 ton dan kontainer sebanyak 13 juta teu yang menjadikannya sebagai pelabuhan dengan aktivitas keempat terbesar di dunia dan pelabuhan kontainer kesembilan terbesar di dunia.

Saat bertemu dengan Wali Kota Tianjin Huang Xingguo, Jokowi memuji Kota Tianjin. “Terima kasih telah menerima kami dan rombongan dengan sangat hangat. Saya sudah lewat di tengah Kota Tianjin, kotanya rapi, banyak tamannya, dan bersih. Penataaan kotanya baik sekali,” kata Jokowi.

Wali Kota Tianjin Huang Xingguo pun mengapresiasi kedatangan Presiden Jokowi ke kotanya di tengah acara pertemuan para pemimpin Forum Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Beijing. “Saya mengucapkan selamat atas terpilihnya Yang Mulia (Presiden Jokowi) sebagai Presiden Indonesia. Adalah suatu kehormatan dan menunjukkan Yang Mulia sangat memperhatikan Tianjin;” kata Xingguo.

Forum bisnis
Menteri Perdagangan RI Rachmat Gobel yang ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kenegaraan ke Cina mengatakan, sebelum berkunjung ke Tianjin, Jokowi juga menghadiri forum bisnis Indonesia-Cina di Kompleks Renaissance Beijing, Wangfujing. Forum bisnis itu dihadiri sekitar 300 pengusaha dari kedua negara. “Kedua belah pihak akan saling menjajaki peluang atau potensi kerja sama ekonomi,” kata Rachmat.

Rachmat sendiri, kemarin, menghadiri Konferensi Tingkat Menteri (KTM) APEC 2014 di Beijing. Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi mengatakan, KTM APEC 2014 di Beijing membahas formulasi kebijakan untuk mendorong posisi Asia Pasifik sebagai sentra I pertumblIffirrrtiterferffirm” dunia. Selain itu dibahas pula mekanisme untuk mengatasi tantangan global yang baru bermuneulan, sehingga memungkinkan terjadinya reformasi dan kerja sama ekonomi dalam kerangka APEC.

APEC meliputi 40 persen populasi dunia, 50 persen total perdagangan global, dan 60 persen total PDB global. Menteri Perdagangan Cina Gao Hucheng menambahkan, jalan ke depan APEC tidak akan mudah d,an kerja sama ekonomi antaranggota APEC juga akan menemui lebih banyak rintangan.

“Perekonomian dunia terus menurun, pertumbuhan global kehilangan momentum, dan pasar internasional masih menunjukkan permintaan yang rendah, ditambah lagi basis pemulihan masih belum stabil,” ujarnya. ■


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s