Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Koran Tempo » Jokowi-Aquino Bahas Narkoba dan Maritim

Jokowi-Aquino Bahas Narkoba dan Maritim

Korn Tempo 9 Feb 2015 oleh Inquirer| Presiden RI Joko Widodo dan rombongan tiba di Manila kemarin sore untuk kunjungan kenegaraan pertama ke Filipina. Presiden bersama Ibu Negara Iriana Widodo dan beberapa_ menteri tiba di Pangkalan Udara Villamor serta disambut Wakil Presiden Jejomar Binay dan anggota kabinetnya.
Seperti dilaporkan Inquirernet, Jokowi dalam lawatan terakhir di tiga negara setelah mengunjungi Malaysia dan Brunei Darussalam, akhir pekan lalu, akan bertemu dengan Presiden Benign Aquino III hari ini. Istana Kepresidenan Malacanang kemarin menyebutkan keduanya dij adwalkan menandatangani sejumlah kesepakatan.
Dalam wawancara dengan radio pemerintah dzRB, kemarin, Menteri Komunikasi Herminio “Sonny” Coloma Jr menyatakan Jokowi dan Aquino akan berbicara soal beberapa hal “saling menguntungkan”, termasuk soal pekerja migran, kerja sama maritim, alutsista pertahanan, perdagangan, dari investasi.
Lawatan dua hari ini berlangsung di tengah .penundaan eksekusi mati seorang pembantu asal Filipina dalam kasus penyelundupan narkoba. Departemen Hubungan Luar Negeri telah memohon Indonesia meninjau hukuman mati warga Filipina itu, yang ditangkap di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta, pada 2010 karena membawa 2,6 kilogram heroin dari Malaysia.
Juru bicara Presiden Aquino, Edwin Lacierda, mengatakan kedua pemimpin akan membahas soal narkoba, tapi tidak secara spesifik menyebutkan tentang kasus pembantu perempuan yang namanya belum dipublikasi itu. “Kami akan berdiskusi kerja sama dalam berbagai bidang kepentingan bersama, seperti para pekerja migran, memerangi perdagangan narkotik, dan lainnya,” tutur dia.

Menurut Kemenlu, Jokowi juga akan menemui warga negara Indonesia di Filipina.

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s