Kompolnas: Budi Waseso Belum Pantas Dicalonkan

Republika 11 Feb 2015 Page 3 oleh Hatimatus Sa’diyah  |  Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai Kabareskrim Polri Komjen Pol Budi Waseso belum pantas menjadi seorang kapolri. Budi dinilai belum cukup kuat untuk menduduki posisi tertinggi di tubuh Polri.
“Kalo Anda tanya saya, tidak lah, belum pantas,” ucap Komisioner Kompolnas M Nasser di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (10/2).
Namun, Nasser tak menjelaskan alasannya lebih lanjut soal penilaiannya tersebut. Pada kesempatan itu, Nasser bersama sejumlah anggota Kompolnas lainnya menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Tujuannya, menyerahkan namanama calon kapolri pengganti Komjen Pol Budi Gunawan kepada Jokowi.
“Ya, sudah bawa,” katanya sebelum pertemuan.
Menurut Nasser, nama-nama calon kapolri yang akan direkomendasikan Kompolnas pada presiden adalah para jenderal senior. Meski demikian, ia enggan menyebut siapa saja nama yang ada dalam daftar tersebut.
Sebelumnya, Kabareskrim Komjen Polisi Budi Waseso mengisyaratkan siap menjabat sebagai kapolri jika ia terpilih. “Apa pun kalau sudah diberi tugas, itu amanah. Seluruh prajurit harus siap, termasuk saya,” kata Budi di Jakarta, Kamis (5/2).
Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi memastikan batal melantik Budi Gunawan sebagai kapolri. Kepastian itu dinyatakan lewat Ketua Tim 9 Syafii Maarif.
“Ya, Presiden mengatakan kepada saya sekitar pukul 19.15 kemarin bahwa dia tidak akan melantik BG dan akan diumumkan pada waktu yang tepat,” ujar Syafii, yang akrab disapa Buya ini, Rabu (4/2).
Syafii mengatakan itu saat ditanya apakah Jokowi akan membatalkan pelantikan Budi Gunawan. Mantan ketua’umum PP Muhammadiyah ini mengatakan, Jokowi menghubunginya melalui telepon dari Istana. Syafii pun inenyarankan Jokowi untuk mengumumkan pelantikan terse- but secepatnya. “Saran saya, makin cepat makin baik,” kata dia.

Presiden Jokowi pada bulan lalu mengumumkan nama Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon kapolri. Bahkan, Budi sudah dinyatakan lolos uji kelayakan dan kepatutan oleh DPR. Namun, ternyata Budi sudah dite- tapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus gratifikasi. Atas penetapan itu, banyak pihak yang meminta Jokowi untuk membatalkan pencalonan Budi Gunawan sebagai kapolri.
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s