Home » PAGE 5.7 - ISLAM dan Muslim Indonesia » Halal » MUI: Hokben Halal

MUI: Hokben Halal

Republika 11/2/15 oleh Wachidah Handasah | Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyatakan, restoran cepat saji Hoka-Hoka Bento (Hokben) halal.

Hal tersebut disampaikan Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim menanggapi banyaknya pertanyaan dari masyarakat, wartawan, dan penggiat komunitas halal perihal kehalalan sejumlah merek produk, di antaranya, Breadtalk, Hoka-Hoka Bento, dan Bir Bintang Zero.

Dikatakan Lukmanul, masa aktif sertifikat halal Hokben atau PT Eka Bogainti berlaku hingga 25 Agustus 2015. Hokben, kata dia, selalu memperpanjang sertifikat halal yang dimiliki sejak awal pendaftaran. Saat ini, Hokben akan memulai proses perpanjangan masa aktif sertifikat halal tersebut.

Pernyataan ini sekaligus membantah kabar yang sempat beredar luas bahwa Hokben tidak halal. Kabar tersebut, kata Lukmanul, merupakan berita lama yang dibuat pada 2005, namun dimunculkan lagi pada tahun ini oleh pihak tertentu dengan tujuan tertentu.

“Penulis (berita itu)-nya juga sudah minta maaf,” kata Lukmanul kepada Republika, Selasa (10/2).

Mengenai Breadtalk, ia menjelaskan, produsen roti ini memang tidak pernah memperpanjang masa berlaku sertifikat halalnya sejak pertama kali mengajukan pada 2006.

“Jika seperti ini, hukumnya syubhat karena tidak ada kejelasan untuk status dari makanan tersebut,” katanya.

la menambahkan, jika tidak memperpanjang sertifikat halal, artinya ada hak dan kriteria standar halal LPPOM MUI yang tidak dapat diikuti oleh pihak manajemen Breadtalk. “Dugaannya kan seperti itu. Pertama kali mendaftar dapat dan lalu tidak diperpanjang,” katanya.

Sedangkan, untuk Bir Bintang Zero memang tidak mengajukan proses pendaftaran sertifikat halal ke LPPOM MUI sehingga hukumnya tidak halal.

Organized by Darwin Darkwin


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s