Home » PAGE 5.3 - Tokoh Indonesia » 'Ahok' BTP » Dagelan ala Kebon Sirih

Dagelan ala Kebon Sirih

KORAN TEMPO, Pg.6 — “Ada Trio Kwek-Kwek’ di sini,” ucap Ketua Badan Anggaran DPRD Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, saat memimpin rapat pembahasan evaluasi Rancangan APBD 2015 dari Kementerian Dalam Negeri di gedung Dewan di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, kemarin.
“Trio Kwek-Kwek” yang dimaksudkan Prasetyo adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tuti Kusumawati, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Heru Budi Hartono, serta Sekretaris Daerah Saefullah.
Dalam rapat yang berlangsung selama hampir 3 jam itu, Prasetyo berkali-kali mengolok-olok sejumlah pejabat DKI. Kepala lnspektorat Jakarta, Lasro Marbun, dipanggil Prasetyo dengan sebutan “Profesor Doktor”. Tak merasa dikerdilkan, Lasro, yang bertitel Master, malah berujar, “Pembahasan anggaran ini sedemikian hangat, membuat kita semakin akrab. Menyatukan anak bangsa.”
Tak cukup sampai situ, Prasetyo mempertanyakan kinerja Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor. “Jakarta Selatan mana orangnya? Ini kalau saya telepon susah. Ada masalah enggak pernah nanggepin, gimana pelayanan publik bisa baik?” ujarnya. Menanggapi itu, Syamsudin menjawab, “Mungkin salah nomor, Pak.” Mendengar jawaban itu, Prasetyo langsung mengimbau Syamsudin agar tidak merasa seperti orang hebat.
Kèpala Dinas Kebersihan Saptastri Ediningtyas pun tak luput dari ledekan. “Rajanya sampah ini, ada? Yang paling kurus di Republik Jakarta ini,” kata Prasetyo. Mendengar pernyataan itu, seluruh ruangan riuh dengan tawa. Saptastri, yang bertubuh gempal, memilih diam.
Wakil Ketua Badan Anggaran, Abaraham Lunggana alias Luluung, malah berkata dengan setengah membentak, “SKPD jangan balik badan!” Pernyataan itu diutarakan Lulung untuk mengorek keterangan dari pejabat DKI ihwal usul Dewan yang sengaja tak dimasukkan ke dalam rancangan APBD. “Jangan takut sama Gubernur,” ujarnya.

Dimintai konfirmasi tentang suasana rapat yang berlangsung bak dagelan, Prasetyo menjawab, “Yang namanya pembahasan, ya seperti itu.” Sementara itu, Heru mengatakan tak ada masukan signifikan dari anggota Dewan ihwal revisi Rancangan APBD 2015. “Makanya ngaco ke mana-mana, enggak ke anggaran,” tutur dia. 
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s