Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Peneliti Temukan Cincin Viking Bertuliskan ‘Untuk Allah’

Peneliti Temukan Cincin Viking Bertuliskan ‘Untuk Allah’

REPUBLIKA ONLINE, — Sejumlah peneliti menemukan sebuah cincin misterius dari abad kesembilan yang bertuliskan ‘untuk Allah.’ Cincin tersebut ditemukan 100 tahun lalu di makam seorang wanita di pusat perdagangan Viking Age of Birka, Swedia, seperti dilansir 9news.com.au.

Batu cincin itu awalnya dianggap jenis batu ametis, namun para ahli dari Universitas Stockholm, dengan menggunakan miskroskop elektron, mengungkapkan bahwa batu tersebut berbahan kaca. Cincin bertuliskan tulisan arab itu memberikan petunjuk mengenai adanya hubungan perdagangan antara bangsa Viking dengan peradaban Islam.

Teks-teks kuno menyebutkan pernah ada pertemuan antara Skandinavia dan anggota peradaban Islam sekitar 1000 tahun yang lalu, tetapi bukti arkeologi dari pertemuan tersebut tidak ditemukan. Skandinavia diketahui telah melakukan perdagangan benda-benda kaca mewah dari Mesir dan Mesopotamia sejak 3400 tahun yang lalu.

Namun, para ahli mengatakan kemungkinan lain adalah bangsa Viking melakukan perjalanan sendiri untuk mengakses barang-barang mewah itu. Perhiasan dari Arab itu diketahui merupakan barang baru dan belum pernah dimiliki sebelumnya saat dipakai oleh wanita Viking.

Sebuah laporan jurnal menyatakan, cincin itu bisa menjadi bukti material dari interaksi langsung antara bangsa Viking Skandinavia dengan dunia Islam. Cincin tersebut menjadi satu-satunya cincin bertuliskan Arab yang ditemukan di situs arkeologi Skandinavia.

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s