Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » PDI Perjuangan » Saatnya PDIP Beri Kesempatan Kader di Luar Trah Soekarno

Saatnya PDIP Beri Kesempatan Kader di Luar Trah Soekarno

OKEZONE, — Perebutan kursi Ketua Umum PDI Perjuangan jelang kongres di Bali bulan depan dipastikan berjalan panas. Pengamat menilai kekuatan politik trah Soekarno hanya sampai di bawah kendali Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, selanjutnya tidak ada penerus.
Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Djaka Badranaya mengatakan, PDIP saat ini seperti partai berbasis keluarga dan kekuatan trah Soekarno hingga kepada putrinya Megawati sangat luar biasa di masanya. Namun, ketika berbicara Ketum PDIP periode mendatang, sulit mencari pengganti Megawati.
“Kekuatan Soekarno dan Megawati pada zamannya sangat luar biasa. Tapi kini, peta politik sudah jenuh dengan Megawati yang sudah berusia, stok trah dari keluarga Soekarno yang memiliki kharisma sudah tidak ada lagi,” kata Djaka dikonfirmasiOkezone, Selasa (24/3/2015) malam.
Djaka menuturkan, Puan Maharani putri Megawati yang diandalkan trah Soekarno menjadi Ketum PDIP diperkirakan tidak memiliki kans dari kader PDIP. Puan lebih banyak di bawah kendali Megawati. Artinya, Joko Widodo (Jokowi) sang Presiden memiliki kesempatan untuk menjadi Ketum PDIP.
“Tetapi itu tidak mudah bagi Jokowi menjadi Ketum PDIP. Sebab, Jokowi tidak mempunyai kekuatan di PDIP. Jokowi juga tidak mengakar di PDIP, tapi punya kekuatan di balik PDIP,” ujar Djaka.
Kini, menurutnya, kursi pemimpin tertinggi di PDIP harus diduduki kader-kader dari luar trah Soekarno. Bukan berarti trah Soekarno akan dihilangkan dari PDIP, namun memberikan kesempatan kepada kader PDIP untuk menjadi Ketum PDIP.
“Ini momen PDIP membuka diri untuk kepemimpinan yang lebih moderat, dan tidak bisa PDIP hanya dikendalikan oleh trah Soekarno,” tutup Djaka.

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s