Home » PAGE 5.2 - International News » Majalah Tempo 5 Apr 2015, "Obama Abaikan Netanyahu"

Majalah Tempo 5 Apr 2015, "Obama Abaikan Netanyahu"

GEDUNG Putih mengisyaratkan masih marah terhadap sikap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menutup pintu solusi dua negara dalam konflik dengan Palestina. Presiden Barack Obama juga tak terkesan oleh permintaan maaf Netanyahu mengenai komentarnya yang menyinggung warga Israel keturunan Arab saat kampanye pemilihan lalu.

Obama membantah memiliki masalah pribadi dengan Netanyahu. Menurut dia, apa yang terjadi di antara mereka adalah masalah substantif semata, bukan karena dendam pribadi. “Masalahnya sangat jelas…. Kami percaya bahwa dua negara adalah jalan terbaik ke depan untuk keamanan Israel, aspirasi Palestina, dan stabilitas regional,” katanya pada Rabu pekan lalu.
Dalam kampanye pemilu 17 Maret lalu, Netanyahu menegaskan tak akan mengizinkan berdirinya negara Palestina selama dia menjabat perdana menteri. Pernyataan ini membuat Obama mengancam akan mengevaluasi hubungan Amerika dengan Israel dalam kebijakan di Timur Tengah, termasuk di Perserikatan Bangsa-Bangsa. Hubungan kedua negara, yang belakangan sudah cenderung tak mesra, pun memanas.
Netanyahu memang kemudian mengoreksi ucapannya dengan mengatakan solusi dua negara tak bisa tercapai dalam waktu dekat. Menurut dia, kesepakatan dua negara dalam konflik Palestina bisa dicapai melalui negosiasi nyata dengan orang-orang yang berkomitmen bagi perdamaian.

Netanyahu juga meminta maaf telah menyinggung perasaan warga Israel keturunan Arab dalam kampanye pemilu lalu. “Saya tabu komentar saya pekan lalu menyinggung sebagian warga Israel dan menyinggung anggota dari komunitas warga Israel keturunan Arab. Saya tak pernah bermaksud demikian,” katanya seperti dilansir The Washington Post. 

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s