Home » PAGE 3.18 - Story of the Day » Tips Persiapan Kehamilan Bulan Pertama

Tips Persiapan Kehamilan Bulan Pertama

Persiapan kehamilan bulan pertamatermasuk pada persiapan kehamilan pada trimester pertama. Awal ini sangat menentukan bagaimana perkembangan di bulan-bulan selanjutnya. Terlebih bagi para ibu yang baru pertama kali mengandung, ataupun mereka yang ingin memperbaiki kualitas kehamilan berikutnya, sebaiknya membaca panduan penting mengenai persiapan kehamilan bulan pertama sebagai bagian dari persiapan di trimester pertama.

Kehamilan yang dinanti merupakan masa-masa indah bagi seorang ibu untuk merawat janin dalam kandungan. Proteksi memang diperlukan pada masa bulan-bulan pertama kehamilan, sebab usia janin yang masih muda dan cukup rentan dengan berbagai resiko. Makanan dan aktivitas kebiasaan menjadi faktor penting yang akan menentukan nasib bayi Anda kelak. Berbagai efek makanan yang salah serta aktivitas yang tak wajar bisa menyebabkan keguguran janin maupun mutasi genetika yang menyebabkan kecacatan anak pada saat lahir. Jadilah ibu yang cerdas, yang mampu mempersiapkan kehamilan sedini mungkin serta membuat langkah-langkah bijak untuk kebaikan bayi dalam kandungan.
Bagaimana tips persiapan kehamilan bulan pertama sebagai bagian dari masa trimester pertama yang bisa Anda lakukan? Berikut ini beberapa tipsnya:
  1. Jangan malas makan, perbanyak makan sayur dan buah. Pada masa trimester pertama merupakan masa pembentukan dari organ-organ penting janin, seperti misalnya otak. Jadi jangan malas makan, jika Anda merasa tak selera makan, maka perbanyak lah konsumsi sayur dan buah.
  2. Pada masa trimester pertama, penetrasi janin memang belum begitu kuat pada uterus, sehingga pada usia ini rentan terjadinya keguguran. Salah satu tips sehat alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengkonsumsi madu agar janin lebih kuat.
  3. Pada usia trimester pertama memang tubuh masih rentan dengan perubahan hormon yang terjadi sehingga menimbulkan apa yang dinamakan dengan morning sick atau mengidam. Pada sebagian wanita yang lemah maka masa ini adalah masa paling sulit. Biasanya akan terjadi rasa mual yang luar biasa, terkadang juga merasa muak dengan makanan tertentu. Untuk mencegah mual dipagi hari, Anda bisa mengkonsumsi madu sebanyak 3 sendok makan setiap pagi.
  4. Ada mitos di tengah masyarakat bahwasannya apabila seorang wanita ngidam sesuatu maka jika tidak dipenuhi kelak si bayi akan ngiler jika sedang tidur. Anda tak perlu menurutkan mitos ini karena sebenarnya keinginan itu bisa dicegah jika Anda punya kemauan.
  5. Jangan malas beraktivitas, lawan efek ngidam yang muncul. Semakin Anda memperturutkan kondisi tubuh yang lemah, maka akan semakin sulit Anda untuk bisa bertenaga.
  6. Hindari konsumsi obat kimia pada masa-masa ini, sebaiknya Anda pilih jenis obat herbal yang tepat sehingga bebas efek samping. Madu merupakan salah satu pilihan obat herbal yang cukup baik.
  7. Bagi ibu hamil yang mengalami penyakit sembelit, sebaiknya meminum 12 gelas air putih sehari.
  8. Perbanyak minum air putih, serta jus atau buah-buahan. Buah dan sayur merupakan makanan yang penting untuk usia janin pada trimester pertama tersebut.
  9. Bergabunglah dengan komunitas yang membahas mengenai masalah kehamilan, atau Anda harus rajin mencari informasi baik melalui internet, majalah maupun konsultasi kepada ahlinya.
Berbagai nutrisia yang baik merupakan hal penting yang harus disiapkan pada masa persiapan kehamilan bulan pertama. Hindarkan juga dari berbagai bentuk bahan-bahan berbahaya seperti asap rokok, minuman keras dan sebagainya. Apabila seorang wanita punya kebiasaan merokok maupun mengkonsumsi minuman keras pada masa hamil, maka akan berpengaruh besar pada si janin dalam kandungan. Hindarkan diri dari asap rokok atau posisi Anda sebagai perokok pasif, asap kendaraan bermotor dan sebagainya. Makanan juga harus Anda pastikan bebas dari berbagai zat aditif seperti penyedap, pewarna, pemanis dan sebagainya.Persiapan kehamilan bulan pertama terkadang terlambat dideteksi seseorang sehingga terlambat pulalah ia melakukan berbagai persiapan penting untuk masa ini. Seorang ibu sebaiknya mendeteksi betul masa ketika ia sudah mulai terlambat haid dan dimungkinkan mengalami masa kehamilan pada trimester pertama. Deteksi dini kehamilan akan membantu Anda membuat perlakuan yang tepat dan sesegera mungkin terhadap janin dalam kandungan.

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s