Home » PAGE 3.18 - Story of the Day » Kalimantan Timur Siapkan Pembangunan PLTN

Kalimantan Timur Siapkan Pembangunan PLTN

BALIKPAPAN — Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mulai melirik tenaga nuklir sebagai cara alternatif untuk mengatasi krisis listrik di daerahnya. Tahapan kajian dan penelitian sudah dilakukan bersama Industri Nuklir Indonesia (Inuki) untuk merealisasi pembangunan sebuah pembahgkit listrik tenaga nuklir di Kalimantan Timur.
Gubemur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak mengatakan pembangunan PLTN akan menjadi lompatan dalam penyediaan kebutuhan listrik di Kalimantan Timur selama 50 tahun ke depan. Menurut dia, sudah ada perencanaan agar PLTN nantinya mampu menghasilkan setidaknya listrik berdaya hingga 1.000 megawatt di daerah itu.
Awang menilai pembangkit listrik milik PLN Kalimantan Timur sudah tidak sanggup lagi menyediakan kebutuhan listrik masyarakat, yang diperkirakan mencapai 1000 MW selama lima tahun ke depan. Ia bahkan mengatakan Kalimantan Timur setidaknya harus menyiapkan pasokan listrik yang mencapai 35 ribu MW untuk kebutuhan rumah dan industri.
“Ada industri Kariangau, Bontang, Maloy, dan lainnya di Kaltim. Pertumbuhannya cepat,” ujar dia, akhir pekan lalu.
Berdasarkan basil kajian sementara yang sudah dilakukan Inuki dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Awang mengatakan ada dua lokasi yang cocok untuk pembangunan PLTN. Keduanya ada di Tali Sayan Berau dan Kutai Timur.
Rencana lebih jauh, Awang mengatakan, pemerintah Kalimantan Timur juga sudah membicarakan kemungkinan kerja sama pembangunan PLTN bersama investor dari Cina.
Ihwal alternatif pembangkit listrik tenaga nuklir, Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional Djarot Sulistio Wisnubroto mengatakan sejumlah daerah memang sudah menunjukkan minat untuk membangun. “Kami survei dari seluruh Indonesia, 73 persen mendukung,”katanya pada diskusi di Jakarta, pekan lalu.

Menurut Djarot, Indonesia sudah siap membangun PLTN. Lahan dan sumber daya dalam negeri sudah tersedia, dan negara luar, seperti Cina, bersedia membiayai sepenuhnya pembangunan reaktor nuklir di Tanah Air. 

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s